RSS

Ramadhan #10



‘’banyak orang yang hidup sederhana, tetapi bisa merasakan kebahagiaan hidup di tengah  kesederhanaan itu’’
Kebahagiaan adalah Sesuatu Yang Diputuskan di Awal
Suatu hari , seorang kakek berusia 92 tahun masuk ke panti jompo. Ia mempunyai selera tinggi, percaya diri dan bangga terhadap dirinya sendiri yang selalu berpakaian rapi dengan rambutnya yang teratur rapi meskipun ia buta. Istrinya yangberumur 70 tahun baru baru ini meninggalkannya menghadap sang pencipta , sehingga ia harus masuk ke panti Jompo.
Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobby, ia tersenyum manis saat diberi tahu bahwa kamarnya telah siap. Kemudian, si kakek berjalan mengikuti penunjuk jalan ke elevator. Saat berjalan itulah, pengurus panti menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil, termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.
‘’saya menyukainya’’ katanya dengan raut wajah antusias.
‘’kakek belum melihat kamarnya, bagaimana kakek bisa mengatakan suka?’’ sahut si pengurus panti heran.
‘’itu tidak ada hubungannya sama sekali , Nak,’’ jawab kakek tersebut sembari tersenyum. ‘’ kebahagiaan adalah sesuatu yang diputuskan sejak awal. Apakah aku akan mnyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana perabotan yang diatur didalamnya. Tapi , bagaimana aku menyukainya. Dan , itu adalah keputusan yang ku buat setiap pagi ketika aku bangun tidur’’.
Kemudian , kakek itu kembali berkata , ‘’ aku hanya tinggal menentukan pilihan , yakni menghabiskan waktu ditempat tidur meratapi kesulitan kesulitan yang terjadi kepadaku karena ada bagian tubuhku yang tidak bisa berfungsi lagi, atau tururn dari tempat tidur dan berterimakasih ats bagian bagian yang masih berfungsi?’’
Setiap hari adalah hadiah , dan selama mataku terbuka , aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru dan pada semua kenangan indah yang pernah aku alami. Umur yang sudah tua laksana simpanan di bank dan sekarang aku akan mengambil semua yang aku simpan selama ini. Jadi simpanlah sebanyak mungkin kebahagiaan di bank kenangan. Jika suatu hari nanti kamu membutuhkannya, kamu tinggal mengambil dan menikmatinya,’’ ujar si kakek tua.
Sumber ; buku Lima Menit Saja karya John Rinaldi
Bogor 07 Juli 2014


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar