RSS

Kata Orang , Gue temasuk tipe Feeling...Apa Iya??


Lebih tepatnya Feeling Introvert
Temen gue ini nih namanya Ummu Ghoni. Dia bilang kalau gue ini nih tipe orang Feeling. Rada-rada ga percaya sih, tapi gue tanya. ‘’emang tipe orang feeling tuh gmana?? Buktinya apa hayo?? Terus gue pinjem deh tuh buku Tes STIFIn (Penjelasan tentang Hasil Tes STIFIn).
STIFIn itu kependekkan dari(Sensing,Thingking, Intuiting, Feeling).
Tugas tes STIFIn itu menjawab dua pertanyaan penting
1.      Dimana belahan otak dominan??
2.      Pada belahan otak yang dominan tersebut dimana lapisan otak yang dominan
Okayy yuukk mari kita bahas gimana sih orang feeling itu??
Orang feeling itu merujuk pada perasaan, yang membuat pandai memahami orang lain. Kecerdasan tersebut kemudian bergerak dari dalam keluar sehingga memancarkan pengaruh kuat dalam memimpin?? Hemm apa iya?? Tapi gue buka orang pemimpin, gue sukanya malah dipimpin. Wahh salah nih, hehehe apa aura-aura kepemimpinan gue belum terasah kali ya?? Akhh apa iya?? #abaikan
Proses belajar yang baik buat orang-orang tipe Feeling ini nih menjadi pendengar yang baik meskipun ia begitu tergoda untuk berbicara. Orang feeling juga suka ngomong dan menebar pesona dengan omongannya. Namun ia akan belajar lebih banyak jikaia mendengar. Maka ketikaia hadir dalam kelas cukup ia berkonsentrasi mendengarkan penjelasan gurunya. Pendek kata orang F pada umumnya memang harus belajar menggunakan telinga. #ini benar banget
Motivasi belajar naik seiring dengan moodnya. Jika lagi semangat akan terlihat semangat sekali namun jika lagi malas maka susah untuk memulai kembali. #tipe gue banget
Prioritas utama orang F jika ingin memilih jurusan dan memilih profesi sebaiknya diarahkan pada satu diantara empat pilihan industri yaitu : Politik, Kepemerintahan, Hukum, Kesenian. Selanjutnya dapat dipilih diantara pilihan jurusan atau profesi seperti : Psikolog, Komunikasi, Diplomat, Humas, Promotor, Investor, Negarawan, Trainer, Administrasi Negara, Seniman, Budayawan, HI, Inspirator, Psikiater, Aktivis, Birokrat, Personalia, dll.
Sebagai pribadi yang utuh tipe F memiliki sisi-sisi diametral : pendengar seperti ‘sponge’ namun sebenarnya berhati kenyal, peduli sama orang lain meski abai terhadap satu persatu persoalan orang lain, selalu ada misi baru namun terlalu mudah menyerah, jika sedang bersih hati mudah mendapat ilmu tinggi namun justru jarang membersihkan hatinya, memiliki kepasrahan yang tinggi namun sebenarnya sikap itu datang dari malas berpikir dan menggampangkan banyak hal. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik maka secara otomatis kelemahannya tertutup dengan sendirinya.
Kepribadian tetap yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring penambahan umurnya, khusus orang F nehh : Emphathy, Tolerant, Communicative, Listener, Symphatetic, Persuasive, Afectionate, Enable, Considerate, Guiding.
Pengaruh sosial yang menjadi baterai baginya terkadang membuat tipe F menjadi begitu Subjektif ketika mengukur sesuatu. Argumentasinya kerap kali membawa pertimbangan sosial ,meski sesungguhnya karena ia suka. Dan letak kesukaannya ini didasari oleh dirinya yang mengukur keberadaannya secara sosial. Jadi kepentingan dirinya dimata sosial dan kepentingan sosial murni dapat beririsan. Ketika ia sudah suka, maka ia akan memmbuat keputusan yang nekat, berani ambil resiko. Kurang hati-hati mempertimbangkan bahwa pada akhirnya bisa jadi ia akan menjadi korban demi kepentingan orang lain. Berani ambil resiko yang besar sementara dibalik keputusannya masih banyak unsur ketidak pastia.
Ini buat tipe F, kalau kamu tipe apa?? Sensing,Thingking, Intuiting, Feeling???


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar