RSS

Berasa Jadi Orang Tua

Hari ini tepatnya hari Kamis, 6 Maret 2014...aku mendapatkan pengalaman yang sangat berharga bagi diriini pribadi. Dan ini baru pertama kali aku lakuin.
Ceritanya begini, pagi ini aku dan Tuti (my partner) berencana melunasi biaya administrasi adik asuh kami (adik asuh PPBY) ke sekolahnya. Pukul 09.00 WIB kami berjanji berangkat bersama kesekolah Mts As – Saidah atau Madrasah Tsanawiyah ASSAIDAH. Sekolah tersebut beralamatkan di Jl.Raya Kedung Halang Talang KM 54 Kodya Bogor , 16710 telp. (0251)656651.
Okay kami berdua siap berangkat, ternyata kami berdua berangkat sekitar pukul 09.53 WIB heheh jauh dari perkiraan awal.hmm orang Indonesia emang gitu yee suka ngaret. Habisnya nungguin my partner mandinya ga selesai selesai. Hehe...
Iyyaaa ,,...Nurhalimah adalah nama dari adik asuh kami. Dia sekarang kelas sembilan, tepatnya berada di kelas 9 B. Maklum karna dia sudah kelas sembilan, jadinyabutuh biaya banyak untuk melunasi administrasinya. Karna takut terjadihal yang tidak diinginkan, makanya kami berdua yang membayarkan administrasinya langsung ke tempat dia bersekolah.
Jarak dari tempat kami berada dengan sekolah tak begitu jauh,hanya memakan waktu 30 menit,itupun karna macet dan padatnya lalu lalang kendaraan. Perjalanan pun di mulai dengan naik angkutan no 17 jurusan Pomad. Habis itu dilanjutkan lagi naik angkutan no 8 jurusan pasar anyar, kita berdua turun di Mts ASSAIDAH,karna sekolahnya berada dikanan jalan, mumpung lagi keadaan macet jadinya gampanguntung menyebrang.
Okayy guyss, saat sampai ditempat. Kita berdua berjalan dengan pelan, kita mau masuk ke pintu sebelah mana ya?? Hmm yaudah kiita masuk ke pintu paling kiri. Begitu masuk kedalam ruangan, bertanya kepada salah satu guru disana
‘’Assalamualaikum....’’
‘’Waalaikumsalam, maaf ada yang bisa kami bantu,mau bertemu dengan siapa ya??’’ tanya beliau
‘’kami mau bertemu dengan bagian administrasi bu,kami kakak asuh dari Nurhalimah kelas 9B’’
‘’owh ..Nurhalimah?? silakan masuk aja kedalam. Nak.. tolong antarkan ibu ini bertemu dengan Ibu Ella.’’ Lekas beliau
Dalam hati ‘’ekh gue dipanggil ibu, emang muka gue tua ya?? Hehe’’
kami berdua pun masuk lebih kedalam ruangan dan bertemu dengan Ibu Ella. Ibu Ella pun mempersilakan kami duduk, dan kami berdua pun menyampaikan maksud dan tujuan kami datang kemari. Terjadi obrolan yahh tidak begitu lama lah... \\\\\\
‘’gini bu,kami kakak asuh nya Nurhalimah,kedatangan kami kesini mau melunasi biaya administrasi Nurhalimah’’
‘’owh ya,tunggu sebentar ya..saya cari dulu datanya, maaf bu, Nurhalimah kelas berapa ya?? Kembali bertanya
‘’Nurhalimah kelas 9B bu’’ (haduhh dipanggil ibu lagi nih gue) dalam hati pengen ketawa..wkwkw
‘’untuk Nurhalimah biaya yang perlu dibayar sekitar Rp.1.150.000,00 bu’’
Sedikit kaget, hmm perasaan Nurhalimah hanya minta uang Rp.835.000,00 tapi ditagihannya segitu ya?? #bisikku dengan Tuti.
‘’Owh ya bu, menurut catatan kami, Nurhalimah sudah membayar Rp.315.000 WIB, sisanya Rp.835.000,00.’’ #jelas Ibu Ella
‘’hmm boleh bu, saya minta rincian pengeluarannya’’ pintaku
‘’bukannya Nurhalimah sudah dikasih rincian dananya’’ jawabnya
‘’iya bu, tapi Nurhalimah belum memberikannya langsung jadinya saya meminta rinciannya masing-masing boleh??’’
‘’sebentar ya bu, saya print kan’’ jawabnya
Setelah di print kami berdua pun melihat rincian pengeluarannya. Dariuntuk biaya daftar ulang, biaya UTS semester 1 dan 2, UAS semester 1 dan 2, LKS semester 1. Buku Pemantapan UN, Try Out Sekolah 3 kali, Try Out bersama 2 kali dan juga biaya untuk kegiatan akhir tahun. Woww luar biasa banyak yaaa. Segera Tuti mengeluarkan dompetnya dan mengambil sejumlah uang yang diminta,okayy alhamdulillah LUNAS. Kwitansi pun dengan segera kami terima.
‘’ini bu kwitansi pembayarannya, terimakasih’’ kata beliau
‘’terimakasih ya bu’’ kami pun menunggu print out jadwal ujian untuk Nurhalimah. Sambil menunggu, aku melihat – lihat keadaan sekitar sekolah ini. dalam hati pun berkata ‘’Ya Allah, sebenarnya sekolah ini tidak layak untuk sekolah, tapi mau giman lagi?? Andaikan tiba-tiba ada donatur datang yang mau menyumbangkan sebagian hartanya untuk merenovasi gedung sekolah ini, dan fasilitas-fasilitas sekolah lainnya. Pasti anak-anak disini bisa belajar secara efektif dan nyaman, mereka mendapatkan hak mereka sebagai murid murid yang sedang mencari ilmu disekolah.’’ Semoga ada para dermawan yang hatinya tersentu, aamiin
Andaikan gue jadi presidennya nih, udah gue gunain tuh dana yang ada buat mengembangkan pendidikan di Indonesia, hmm sayangnya gue bukan presiden tuhh
Owhh ya gusyyss, aku dulu sama anak-anak MAJAPAHIT juga pernah mengadakan baksos disini sekitar bulan ramadhan tahun lalu. Tapi baru pertama kali ini aku meliahat lebih kedalam sekolah ini, sekolah sekaligus tempat asuhan untuk anak-anak yang kurang mampu. Setelah selesai di print,segera Ibu Ella menyerahkan lembaran jadwal unian tersebut kepada kami.
‘’Harapannya ibu bisa mengontrol belajarnya Nurhalimah,karna ujian sudah semakin dekat’’ perintah Ibu
‘’Insya Allah bu, terimakasih. Kami pamit dulu’’
‘’owh yaa, kalian ini mahasiswa dari AKA ya?? Saya sangat terimakasih sekali dengan program PPBY ini yang telah mau membantu anak-anak yang kurang beruntung’’ tanya salah satu ibu disamping ibu Ella
‘’iya bu, kami dari AKA. ‘’
‘’ini dengan siapa ya””
‘’saya Rahma dan ini teman saya Tuti, baik bu urusan kami disini d=sudah beres, kami pamit mau pulang...Assalamualaikum..
Waalaikumsalam....
Keluar ruangan, akkhh akhirnya yeyayyy kita lolos,lega bercampur gembira, berasa jadi orang tua beneran deh. Jujur seneng bangt hari ini bisa dapat pengalaman yang luar biasa pengalaman banget deh. Bersiap pulang dengan mencari angkuta 08 dan 17. Akhirnya sampai lagi dikosant mempunyai cerita yang unik untuk diceritakan dengan teman-teman kosant.
Harapannya banyak yang baca postingan blog aku ini tentang sejuta cerita di dunia sosial. Berharap ada yang mau menjadi donatur PPBY. Dan PPBY bisa mempunyai aduk asuh lebih banyak lagi, dan rantai kemiskinan akan terputus. Semoga banyak para dermawan diluar sana yang mau menyumbangkan sedikit hartanya untuk pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung, aamin 
Dan aku sendiri merasa beruntung bisa menjadi orang yangbisa berguna buat orang lain. Berharap aku hidup didunia inibisa menebar kebermanfaatan. Aamiin ya ALLAH.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar