RSS

Ini Nopal

Udah lama beberapa bulan ngk ikut ngajar ‘’PPBY mengajar’’, Alhamdulillah kali ini Allah memberikan kesempatan ini untuk menikmati rutinitas seperti biasanya.  Waktu kumpul Hari minggu, 10 Mei 2014 , pukul 12.30 WIB di LPA. Karna gue lagi semangat-semangatnya nehh, gue berangkat pukul 12.20 udah nyampe di LPA. Gue ngk nyadar kalau gue berangkat paling awal dan belum ada temen-temen yang bekumpul.  Waktu ngajar, tepatnya 12.55 WIB gue memulai kelas.
Owhh ya guys.. sebelum gue masuk kelas, jarak sekitar 100 meter dari SD Cimahpar terlihat anak-anak dari kejauhan melambaikan tangannya itu ke gue. Dan gue pun membalas lambaian tangan mereka, haha merekapun segera berlari menuju kelas mereka.
Sampai didepan pintu gerbang… Bismillah… semoga yang gue rencanain buat kelas gue bias terwujud disini. Okayy pertempurann dengan anak-anak pun di mulai, ciattt ciatt ciattt
 photo m206.gif
Gue sengaja milih masuk kelas tiga karna gue punya rencana dikelas itu. Gue mau belajar mendongeng sama anak-anak. Wkwkwk begaya….
Sebelum belajarnya dimulai, bikin perjanjian dulu sama anak-anak

‘’Okay anak-anak, sebelum belajarnya dimulai. Siapa nih yang mau pimpin doa??’’
‘’Nopal kak Nopal.’’. jawab anak-anak
‘’ayoo Nopal pimpin temen-temennya buat berdoa’’ perintah gue
Selanjutnya nih, gue bikin perjanjian baru dengan mereka, hah.. udah lama ga masuk kelas tiga. Isi perjanjiannya, tidak boleh keluar masuk kelas sebelum kelas itu selesai. Wahhhh ibu gurunya galak nih… hahah bukan itu sih, maksud gue kaya gitu, biar mereka tuh tau bagaimana cara memanfaatkan waktunya dengan baik. Kalau ngk perlu-perlu amatya ngk usah keluar kelas. Dan mereka pun menyetujuinya, meskipun ada beberapa yang agak bandel dan susah diatur, tapi tak apalah.. ini jadi tantangan baru buat gue. Selanjutnya nihh.. biar gue hafal sama anak-anaknya . gue kasih tuhh lebel nama trus mereka nempelin dibaju sebelah kanan atas. Biar gue gampang nyebut mereka.
Okay anak-anak sebelum kita berjalan jauh sebelum belajar nih, kaka punya kata semangat buat kalian. Kalau kaka bilang SEMANGAT BELAJAR kalian harus jawab (tepukkk) prokk prookk prokk SEMANGAT YESSS…
Kalau kaka bilang HALLO .. kalian harus jawab HAIII
Kalau kaka bilang BERSORAK kalian harus jawab HORREEE
Okay bisaaa???
Teteeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttttttttttttttttttttttttt
Kelas pun gue bagi jadi beberapa kelompok. Sengaja gue bentu kelompok karna gue pengennya mereka bias bekerja sama dalam tim. Terdapat 5 kelompok. 1 kelompok terdiri dari 5- orang. 1 kelompok gue kasih satu buku cerita dongeng, dan mereka harus bias berbagi cerita dengan teman-temannya. Gue kasih waktu 15 menit buat baca cerita itu sampai selesai sama kelompoknya masing-masing. Setelah 15 menit itu berlalu, gue berusaha buat mincing keberanian mereka. ‘’Siapa nih yang mau maju duluan kelompoknya buat bercerita didepan tentang buka yang mereka baca tadi’’ ?? gue seneng, anak-anaknya sangan-sangat semangatt sekali. Ada 3 kelompok yang ingin maju duluan, dan ngk ada satupun yang pengen mengalah,pengennya maju duluan?? Haduhhh waktu itu gue dibikin pusing sama anak-anak ini. Okayyy akhirnya gue suruh suit tuhh biar adil siapa yang mau maju dulu.
Okay clear… antar kelompok pun maju bercerita . ini kocak.. ada yang bercerita mirip pak ustad, ada yang bercerita mirip Reporter, ada juga yang malu-malu . haha hidup emang berwarna. Sebernya sihh yang gue pengen tuh mereka bias belajar mendongeng, tapi tak apalah.. mereka berusaha jadi diri mereka sendiri. Dan gue cukup terhibur dengan tingkah mereka.


Pembentukan kelompok

Abisss belajar dengan metode berkelompok ini, kita nonton barenggg… hahhhh tapi tidak sesuai yang gue harepin. Mereka saling berebut posisi yang ada didepan. Biar keliatan jelas nontonya. Disini gue bener-bener diuji kesabarannya… anarkis brooo anak-anaknya. Dan nontonnya pun guega bias menikmati. Okeyy cup gapapa. Kita nonton 2 video inspirasi tentang berbagi mimpi. Yang gue harepin darinonton video ini , anak-anak tuh tau akan cita-cita mereka. Bahwa cita-cita itu luas tak hanya guru dan dokter ajah.
Dannn ini saatnya anak-anak berbagi cita dengan teman-temannya. Gue sediain post card yang diisi nama, kelas, dan cita-citanya. Mereka sangat antusias menempelkan cita-citanya di sebuah kertas yang lebar. Saat menempelkannya pun saling berebutan. Ada yang bercita-cita jadi dokter, guru, pengusaha, artis,model,koki,pilot dam laen-laen. Terharu gue… ternyata mereka punya cita cita yang tinggi, dan sudah seharusnyalah kita yang jauh lebih beruntung dari mereka membantu mereka. Bener ngk???
Ada satu anak yang buat gue berkesan, anak itu bernama Nopal Syahputra. Dia bercita-cita untuk jadi Ustad, dan diatas cita-citanya itu dia menuliskan kata Bismillah. Wahh ni anak bener-bener berniat jadi ustad banget yakkk. Owhh ya sekilas tentang Nopal, orangnya itu pendiem, kalem, pinter. Dia juga jadi ketua kelas di kelas 3.

Ini Nopal, urutan ketiga dari kiri


Yang bikin gue penasaran, saat anak-anak lainnya rame dikelas, dia Cuma diem dan jadi pengamat temen-temennya di kelas. Huuu ni anak bikin gue penasaran ajah, tapi kalau ngerjain tugas dia paling cepet. Expresss broooo.
Semoga cita-citanya tercapai yaaa Nopal buat jadi ustad. Hehe…semangattt


 photo m188.gif photo m188.gif photo m188.gif

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar