RSS

Sokola Rimba

Selamattt datang bulan Juni  photo m200.gif …….Please be nice
Semoga bulan Juni ini akan lebih baik lagi dari bulan kemarin. Begitulah kata yang dikatakan oleh orang alay. Sekarang jam-jam nya orang pada mikir  kata-kata buat wish di Bulan Juni . gue bias ngeliat matahari terbit esok hari ajah udah cukup.
Beberapa hari ini dihitung awal bulan Juni sampai sekarang  photo m183.gif , gue lagi suka banget baca buku  photo m174.gif . Hahah berasa rajin …padahal buku yang gue baca itu tentang kehidupan orang-orang Rimba. Kebayang ngk bro?? orang-orang yang tinggalnya tuh di hutan  photo m172.gif , suku pedalaman gitu.
Ikhh seru tau ceritanya kalau kalian mau baca. Seriuss demi apapun
Hay hay orang Rimba ini ada SOKOLA RIMBA
Ini tentang Sekolah Rimba kalau di rimba sih nyebutnya SOKOLA RIMBA, tepatnya di Jambi. Ini cerita dari Butet manurung, didirikan pada tahun 2003 bersama empat rekannya sesame pendidik yang telah lama berkegiatan di komunitas orang Rimba. SOKOLA berupaya memberikan kesempatan belajar bagi komunitas adat dan kelompok marjinal lain di wilayah terpencil di Indonesia yang tidak terjangkau oleh sekolah formal. SOKOLA menggunakan metode praktis baca tulis hitung yang dikembangkan oleh Butet selama tinggal bersama Orang Rimba, sebagai pengetahuan dasar bagi komunitas dalam menghadapi perubahan.
Okeyy kita flashback yahhh
Sebelum ada SOKOLA atau SEKOLAH buat Orang-Orang Rimba. Mereka tidak tahu cara berhitung, baca ataupun tulis. Mereka tak mengenal dunia-dunia luar seperti apa. Bahkan saat mandi  photo m115.gif pun dikasih sabun mereka lari terbirit-birit karna takut dengan benda yang bagi mereka itu asing. Dann seremnya nih, orang rimba memakan segala macam apapun yang mereka temui dihutan. Seperti babi atau tikus. Iuhhhh… serem yakkk  photo m113.gif. Tapi anehnya orang rimba itu jijik dengan hewan kerbau. Mereka menganggap kerbau itu adalah hewan haram. Dan menganggap babi itu halal. Mereka tidak punya agama. Sungguh ironis…..
Apalagi sebelum mengenal sekolah, bagi mereka sekolah itu membawa sial, membawa malapetaka. Ngk kebayang gue, hidup bersama orang-orang rimba  photo m110.gif .







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar