RSS

OKPK 2013 ( Beer Lambert )

Beer Lambert


Ehm Ehm... sebelum masuk ketopik, pengen triak jargon dari OKPK 2013
OKPK 2013.......CERDAS, KRITIS, BERSINERGIS
Beer Lambert,,,,,,BIKIN HIDUP, LBIH HIDUP, SIAPPP,,, itu adalah jargon dari klompok beer lambert, awal mula terbentuk nama itu ketika mereka dikumpulkan  di sebuah GOR Kampus AKA Bogor, untuk mengikuti serangkaian OKPK ( Orientasi Kemahasiswaan dan pengenalan Kampus ) yang diselenggarakan dari pihak akademik dan dibantu oleh panitia2 lain dari Mahasiswa AKA. 
Ciri khas dari Beer Lambert atributnya serba pink deh, dari name tage warna pink, buku okpk  warna pink, untung ajah muka ga ikutan pink.hhe..dan itu adalah seperangkat peralatan wajib yang harus dibawa selama Kegiatan OKPK berlangsung.
For Example
 Bagi yang melanggar akan dikenai sanksi, upzzz termasuk K-bingnya juga kena, kenangan yang tak terlupa juga, ketika ingin memasuki kampus dipinggir jalan menuju kampus terdengar triakan triakan yel-yel, jargon, lagu-lagu penyemangat mahasiswa seperti totalitas perjuangan, Hymne AKA, Mars AKA, dan Hitam putih. sungguh dengan semangat dan antusias mereka mengikuti okpk ini.
Iya memang...OKPK berlalu tapi karya yang dihasilkan tidak akan pernah padam dan akan trus menyala. Tak henti-hentinya selalu menghasilkan sebuah karya walau dalam bentuk tulisan.
Ini buktinya, Maba AKA Bogor di okpk 2013, bisa menulis catatan singkat tentang dirinya, =D
Ini adalah autobiografi dari d-bing Beer Lambert , selamat membaca kawann

Autobiografi milik Hana Ulfah Amanda Maba OKPK 2013 klompok Beer Lambert

Nama saya Hana Ulfah Amanda. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Saya lahir di depok juga pernah tinggal di Jakarta. Setelah mengembara ke berbagai daerah akhirnya saat SMA saya pindah ke cibinong Bogor sampai sekarang. Bisa dibilang sejak SMA hidup saya keras.
Setiap hari saya bulak balik kabupaten-kota karna saya berskola di sekolah menengah kejuruan Analis Kimia YKPI Bogor. Jika naik umum menghabiskan kira - kira satu setengah jam perjalanan, dan jika naik kendaraan pribadi alias motor kira-kira menghabiskan satu jam perjalanan.
Jadi setengah enam pagi saya harus sudah berangkat dari rumah, itu       pun saya akak telat sampai sekolah. Jika tidak ingin telat saya harus berangkat jam lima pagi dari rumah.
Perjuangan saya belum berakhir. Di sekolah saya harus berkutat dengan pelajaran-pelajaran kimia karna itulah dasar sekolah saya “sekolah menengah analis kimia.”
Saya benar-benar merasakan perjuangan saya saat kelas sepuluh. Karna saya masih kaget dengan pelajaran-pelajaran tersebut. Pelajaran tersebut cukup sulit. Terbukti nilai saya jatuh saat semester satu.
Walaupun capek baik badan maupun akal, baik jasmani maupun rohani. Tapi saya pantang menyerah karna Allah, tuhan saya yang menciptakan saya telah berjanji melalui ayatnya “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum tersebut mengubahnya.”
Saya ingin nasib saya, nasib agama saya dan nasib bangsa saya lebih baik lagi. Ayat tersebut betul-betul memotivasi hingga akhirnya saya pernah mendapat rangking dua, empat dan lain-lain.
Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun saya lewati di sekolah menengah kejuruan Anals Kimia YKPI Bogor tak terasa saya sudah lulus, senang sekali dapat lulus dengan nilai yang membanggakan.
Setelah lulus saya melewati dilema yang berkepanjangan karna saya menghadapi pilhan yang sangat berat yaitu : kerja terlebih dahulu atau kuliah terlebih dahulu. Dan akhirnya saya memilih untuk kuliah karna saya ingin sekal mengembangkan diri saya dan kedua orang tua saya juga mendukung keputusan saya.
Sebenarnya saya sudah sangat  tidak mau merepotkan kedua orang tua saya karena biaya kulah yang tidak terhitung murah. Kadang saya berfikir jika saya berkerja saya akan dapat penghasilan akan tetapi saya akan diam di tempat dan tidak berkembang.
Lain hal nya jika saya kulah. Saya akaln melesat (berkembang) lebih jauh dari pada ketika saya harus berkerja. Dan saya akan jauh lebih sukses karna perkembangan saya tersebut.
Semoga kedua orang tua saya diberikan rezeki yang berlimpah agar dapat mengulahkan saya. Dan saya akan berusaha (belajar) sekuat tenaga serta dengan sungguh-sungguh sehngga saya mendapatka hasil yang terbaik untuk membanggakan kedua orang tua saya. Saya yakin Allah pasti menolong saya dan kedua orang tua saya.
Oke pilhan saya adalah jatuh kepada kuliah.  Akan tetapi tidak sampai disitu dilemma saya berakhir. Saya mengalami dilemma yang berkepanjangan (lagi). “Kuliah dimanakah saya?” pertanyaan tersebut terus membayangi pikiran saya.
Sempat terbesit dalam benak saya untuk pindah jalur alias kuliah di jurusan yang tidak ada hubungannya dengan sekolah saya yaitu sekolah menengah kejuruan analis kima YKPI Bogor.
Tetapi saya berfikir kembali jika hal itu saya lakukan saya akan terlalu berat menjalankan mata kuliah karna harus memulainya dari awal kembal. Dan itu memerlukan kerja keras yang sangat-sangat tinggi.
Akhirnya saya putuskan untuk mengambil mata kulah yang ada hubungannnya dengan keahlian saya yaitu analis kimia. Lalu “di kampus manakah
saya akan kuliah?” sudah barang tentu semua anak ingin kuliah di universitas Indonesia atau institut pertanuan bogor dan persaingan disana pasti sangat ketat. Guru saya pernah bilang, jika ingin berhasil SNMPTN cari universitas yang tidak terlalu unggul karna persaingannya tidak terlalu ketat.
Pilihan saya jatuh kepada universitas negreri malang dan Universitas pendidikan Indonesia. Saya mengambil jurusan kimia dan pendidikan kima. Jurusan tersebut sangat dekat dengan keahlian saya.
Selain mendaftar SNMPTN saya juga menaftar di akadem kima analisis dan poltekes kemenkes Jakarta III jurusan analisa farmasi dan makanan. Sebenarnya akademi kimia analisis aalah cita-cita saya semenjak saya SMA, saya sangat ingin uliah di kampus tersebut.
Pengumuman SNMPTN tiba, sebenarnya saya tidak terlalu mengharapkan untuk lulus SNMPTN karna kota malang maupun kota bogor merupakan kota yang cukup jauh dari Bogor.
Orang tua saya kurang menyetujui saya untuk kuliah disana. Dan benar saja saya tidak lulus SNMPTN . baik di Universitas Negeri malang maupun di Universitas Pendidikan Indonesia.
Orang tua saya juga kurang setuju jika saya kuliah di Poltekes Jakarta III jurusan analsa farmasi dan makanan karna terlalu jauh jika harus bolak balk Jakarta bogor. Dan benar saja saya tidak lulus di poltekes Jakarta III
          Dan Alhamdulllah saya lulus di Akadem Kima Analisis seleksi rapot. Restu orang tua memang mempunyai andil yang besar dalam hidup saya. Sebagai bentuk rasa syukur saya, saya akan belajar dengan sungguh-sungguh di Akademi Kimia Analsis dan saya yakin Allah pasti menolong saya.

Ada satu lagi nihhh Autobiografi dari Muftia ( Maba OKPK 2013, klompok Beer Lambert )
Nama saya Muftia Hanani, saya lahir di Singkawang pada tanggal 28 Maret tahun 1995. Ayah saya bernama Dudi Rosidi, ayah saya lahir di Majalengka pada tanggal 25 januari tahun 1969. Ibu saya bernama Sarsiti lahir di Klaten pada tanggal 24 februari tahun 1965.
Orang tua saya atang dan bertemu di Kalimantan ketika di transmigasikan untuk perataan guru di Kal-Bar. Saat itu oorang tua saya benar-benar memulai kehidupan dari awal. Pada saat itu kota kelahiran saya Singkawang belum seramai sekarang.
Satu tahun 5 bulan setelah saya lahir, ibu saya melahirkan adik saya yang bernama Muflih Muhammad Rasyid pada tanggal 1 Agustus, saat itu kami sedang berada di kota kelahiran ibu saya di Sribit, Klaten. Beberapa bulan kemudian kami kembali ke Singkawang dan kami tinggal di rumah seorang nenek yang sekarang sudah saya anggap nenek saya sendiri.
Adik kedua saya yang bernama Mufid Muhammad Hanif lahir pada tanggal 19 Maret tahun 1998 di Singkawang. Kota Singkawang sudah mulai ramai dan kami mengontrak di sebuah rumah di jalan Pramuka, tidak jauh dari rumah pertama orang tua saya. Tapi ketika adik saya lahir ibu saya sakit dan tidak bisa merawatnya jadi selama beberapa bulan adik saya dititipkan di rumah nenek saya di Klaten.
Alhamdulillah kondisi ekonomi keluarga kami meningkat beberapa tahun kemudian jadi orang tua saya membangun sebuah rumah yang tidak jauh juga dari rumah pertama kami, rumah itu berada di tepi jalan dan ada pohon jambu mawar favorit saya di halaman kami. Dan sebelum rumah kami selesai di bangun, adik saya yang paling kecil lahir pada tanggal 29 September 2004.
         
Perjalanan pendidikan saya dimulai dari TK Aisyiah, 1 tahun kemudian saya lulus TK dan masuk ke MI.Muhammadiyah. Saat pertengahan kelas satu SD mata saya mulai rabun. Jadi saya memakai kacamata. Sejak saat itu saya jadi malas bermain dan berolahraga keluar rumah padahal sebelumnya saya sangat senang main dihutan-hutan, itu karna terganggu kacamata dan teman-teman saya mengolok saya mata empat saat itu saya malu tapi sekarang saya bingung kenapa saya malu saat itu.
Setelah lulus SD saya masuk ke SMP Negeri 3 Singkawang. Makin lama saya semakin jadi anak malas dan tidak suka bersosialisasi, saya bahkan hanya hapal nama teman-teman sekelas saya dan beberapa teman kelas lain. Dan kalau ada kegiatan ekstra saya sering sengaja datang terlambat.
Saya masuk SMA pada tahun 2010 di SMA tempat ibu saya mengajar. Sampai SMA pun saya masih belum berubah, tetap anak malas dan tidak bisa bertanggungjawab bahkan untuk urusan sendiri. Saya belajar hanya saat di sekolah dan saat ulangan hampir tiba. Walaupun begitu nilai saya termasuk baik jadi bagaimananpun saya tau itu adalah kesalahan, saya masih belum menyadari saya harus berubah.
Ketika ujian tiba kondisi kesehatan saya sedang tidak baik jadi saya tidak bisa belajar dengan maksimal. Saya menyesal telah menyian-yiakan waktu sehat yang saya punya sebelum ujian tiba.
Saya mendaftar di AKA atas saran teman saya. Karna saya suka pelajaran kimia dan kebetulan kedua orang tua saya guru kimia jadi saya tertarik mendaftar di AKA. Selain AKA saya juga mendaftar di UII melalui jalur rapot di prodi farmasi dan kedokteran. Dan melalui jalur SNMPTN saya mendaftar di UNTAN  prodi kedokteran dan di UGM prodi farmasi.
          Pengumuman dari AKA yang pertama keluar dan saya di terima di sini. Beberapa hari kemudian pengumuman dari UII keluar dan saya di terima di prodi farmasi. Daftar ulang di AKA tanggal 7 juni, di UII tanggal 27 april, dan pengumuman SNMPTN tanggal 28 april, saya adalah orang yang berfikiran pendek saya memutuskan untuk tidak mengambil UII karna masih menunggu pengumuman SNMPTN dan waktu daftar ulangnya terlalu cepat.
Tanggal 28 april saya mengecek pengumuman SNMPTN dan saya dinyatakan tidak lulus. Saya tidak kecewa tapi saya melihat kekecewaan di wajah kedua orang tua saya. Saya tau betul kalau ibu saya ingin saya masuk ke UGM, selain ibu saya adalah alumni UGM, kota Yogja juga dekat dari desa nenek saya, tapi saya sedang tidak berfikiran panjang saat itu, saya adalah orang yang bertindak hanya berdasarkan mood saja, saat itu saya tiba-tiba yakin kalau saya ingin masuk ke AKA, ditambah saya malas mengikuti ujian masuk tertulis.
Ibu saya bertanya berkali-kali apakah saya yakin mau mengikuti pendidikan di AKA, dan saat itu saya yakin sekali. Akhirnya orang tua saya mengizinkan saya untuk kuliah di sini.
          Saya tiba di Bogor pada tanggal 4 juni, saya dan ayah saya menginap di tempat teman ayah saya. Rasanya saya ingin langsung pulang ke singkawang, saya merindukan ibu dan adik-adik saya. Dan saya meragukan keyakinan saya, saat itu rasanya saya ingin pulang dan mencoba mengikuti ujian masuk tertulis. Tapi saya mencoba meyakinkan diri untuk tidak mundur.
Pada saat saya melihat kota bogor pada siang hari yang macet dan ramai ini sangat berbeda dengan kota kelahiran saya, saya merasa tidak cocok dan semakin ingin pulang saja.
Pada suatu saat saya merenung, saya rasa bersalah mermengingat kekecewaan di wajah orang tua saya, saya tidak akan pernah bisa berubah kalau saya kembali atau berada di dekat orang-orang yang biasa membantu saya.
Saya berjanji akan berusaha menjadi anak baik dan membanggakan orang tua saya. Walaupun sampai sekarang saya masih menjadi anak yang tidak bertanggung jawab, saya akan berusaha J

Wassalammu’alaikum Wr. Wb

ekh,,,, ada yang lagi narsis, siapa tuh?????


kesan-kesan d-bing setelah OKPK berlangsung







OKPK telah usai, lega sudahhhh dan sekarang kalian resmi menjadi Mahasiswa Akademi Kimia Analisis Bogor /2013
Congratulations......
jangan lupakan Beer Lambert ya...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kritik dan saran sangan diperlukan

Posting Komentar