RSS

Mahasiswa lohh

Budaya MAHASISWA


SMA  sangat berbeda dengan dunia mahasiwa. Perbedaanya bukan hanya kerena mahasiwa tidak memakai seragam dan bebas memakai sepatu merah, putih, kuning,hijau, dan biru.melainkan terletak pada pola pikir dan gaya belajarnya.
Ketika menjabat title baru baru sebagai mahasiwa, tentu harus mengetahui budaya mahasiwa. Kenapa?? Mengapa?? Sama halnya jika kita baru pindah kesuatu daerah, tentu harus mengetahui beberapa adat istiadat dilingkunganbaru agar terjadi hubungan yang harmonis. Kita bukan lagi anak SMA, yang belajar karena diperintah oleh guru ataupun orang tua. Mengerjakan tugas dan membaca buku untuk mengumpulkan nilai atau takut mendapat angkamerah dirapor. Akan tetapi, kita melakukan ini semua karna kesadaran bahwa kita adalah MAHASIWA.
Siapa kita? M-A-H-A-S-I-S-W-A.
Perubahan pola pikir diawali dari semangat menuntut ilmu.
Mau tau budaya MAHASIWA???
Cekidot,,,,,,
PERTAMA, MEMBACA
KEDUA, MENULIS
KETIGA, BERDISKUSI.
Kenapa kita harus membaca?? Ada yang tahu??
Sebagai mahasiwa harus mempunyai jiwa kritis yang selalu mempertanyakan motif dari sebuah pekerjaan agar mempunyai landasan berpikir dan bertindak yang jelas.
‘’Bacalah dengan ( menyebut ) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpaldarah. Bacalah. Dan Tuhanmulah Yang maha Mulia, Yang mengajar ( manusia ) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak  diketahuinya. (QS. Al-Alaq : 1-5 )
Kenapa kita harus menulis??
Orang yang terbiasa membaca dan kaya pengalaman sangat rugijika tidak menuangkannya dalam bentuk tulisan. Sebagai mahasiwa juga dituntut untuk mampu mengungkapkan gagasan ide, pemikiran melalui kata kata. Sayang-kan jika kita diberi otak dan memiliki pemikiran yang luar biasam tapi hanya disimpan sendiri.
‘’ Penulis yang baik adalah pembaca dan pendengar yang baik’’
Kenapa kita harus berdiskusi bukan ngrumpi??
Budaya 3N ( Ngobrol, Ngrumpi, Ngegosip ) lebih diminati daripada mendiskusikan ilmu.  Berdiskusi  itu membantu berbicara. Budaya diskusi akan hidup jika kita rajin membaca dan mendengar berita / informasi ter-update.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar