RSS

Jadilah Kelapa



Membahas tentang pelajaran dari buah Kelapa ....
Proses untuk menjadi saripati kelapa yang lezat dan bermanfaat untuk berbagai masakan di dunia. Pertama, saat seorang petanikelapa menaiki pohon kelapa yang sangat tinggi, ia akan memilih mana kelapa yang dianggap bagus dan siap untuk dipetik. Kemudian dari atas pohon, kelapa tersebut dijatuhkan dengan sangat keras ke tanah.setelah itu, kelapa digunduli dengan cara dibacok dan ditarik kesana kemari. Bahkan setelah gundul, kelapa harus dipukul dengan sangat keras agar pecah. Selasai?? Belum... setelah kelapa pecah, buahnya harus dicungkil atau dilepaskan dari bathoknya. Tidak cukup sampai disitu, kelapa masih harus diparut menggunakan besi besi kecil tajam yang ditanamkan pada kayu. 


Belum juga puas, hasil parutan itu masih harus diperas. Setelah proses itu semua selesai, barulah  dihasilkan sari pati buah kelapa yang kita kenal sebagai santan.
Begitu pula kehidupan , untuk menjadi orang yang hebat harus melalui proses jatuh bangun.saat ujian datang silih berganti, jangan bersedih. Itu bagian dari proses yang harus dilalui agar tercipta kehiduan yang lebih bermutu. Kuat dan sabar saat menanggung derita adalah kunci menuju kehidupan yang lebih bermakna. Untuk hidup yang lebih bermartabat tidak selalu dikelilingi oleh sesuatu yang nikmat.diperlukan rasa sakit, perasaan tak nyaman,  hinaan, dan segala derita yang terkadang datang tanpa di undang. Itulah proses yang harus dilalui untuk mendapatkan sari pati kehidupan.
Bila hidup diibaratkan bersepeda, saat tak perlu mengayuh, itu pertanda jalan sedang menurun. Namun, bila harus mengayuh, itu pertanda kehidupan sedang menanjak menuju puncak.
Bila ternyata cobaan tak kunjung datang, buatlah kegiatan yang bernyali dan menantang.ada risiko gagal dalam kegiatan, tapi juga ada manfaat yang begitu besar yang bisa diperoleh bila kegiatan itu berhasil,
Percaya, bila sering menghadirkan kegiatan yang menantang, hidup menjadi ringan. Sebaliknya, bila sering menghindari tantangan, hidup akan stagnan dan monoton.


‘’ Kelapa tidak akan menghasilkan sari pati bila prosesnya berhenti ditengah jalan. Kita pun tidak akan menemukan sari pati kehidupan bila tidak sabar dalam menghadapi proses kehidupan’’ 

Thanks jamil Azzani telah memotivasiku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar