RSS

‘’Tunanetra Pun Bisa Nge-Blog’’

Malam yang dingin, hujan...pas banget buat baca buku sambil ditemani secangkir teh hangat. Hmm yummy....... begitu yang aku lakukan hari ini. tertarik untuk menuliskan sekilas cerita yang aku baca dari sebuah buku pinjeman teman kosant ‘’ Osin Hadosin’’ . Sebuah buku yang sekiranya menginspirasi dan menjadikan motivasi buat kalian-kalian yang suka dengan dunia blogger khususnya penyandang tunanetra.

Didalam bukunya yang berjudul ‘’BLIND POWER’’ Berdamai dengan Kegelapan.Sebuah kisah yang menceritakan kehidupan seorag Tunanetra. Bagaimana dia bisa bekerja di atas laptop yang selalu dibawa kemana-mana setiap pergi. Bagaimana pula ia bisa mendirikan sebuah situs yang dia ciptakan dan di desain sendiri. Cerita ini membuat aku tertegun dan di buat kagum olehnya. Pengenn tau ceritanya seperti apa???
Monggo di baca.....
‘’Tunanetra Pun Bisa Nge-Blog’’
            Haii sob, jaman udah ngk asing lagi dengan namanya laptop atau notebook. Namun, bagaimana kalau yang mengoperasikan laptop atau notebook tersebut seorang tunanetra?? Nah lohh, kebayang ngk???
Hilangnya fungsi penglihatan, baik separuh maupun seluruhnya, sudah pasti akan menyulitkan seseorang dalam mengoperasikan komputer. Sekitar 90 % informasi disajikandalam bentuk visual. Artinya, dibutuhkan indra penglihatan yang baik untuk menerima informasi yang disajikan dikomputer. Mungkinkah , seorang tunanetra mengoperasikan komputer apalagi bisa nge-blog, jika melihat saja sulit????
Ngk usah kudet sob, pertanyaan semacam itu sudah terjawab dengan kecanggihan teknologi asistif yang dapat membantu tunanetra mengoperasikan komputer. Salah satunya adalah screen reader suatu jenis aplikasi yang memungkinkan tunanetra bekerja dengan aplikasi office, berselancar di internet bahkan chat via yahoo. Kerenn ngk tuh??? Emang ya jaman udah semakin canggih....screen reader tersebut akan mengolah teks atau objek yang muncul pada layar monitor menjadi keluaran suara. Misal aja nih, jika kursor digerakkan ke ikon bertuliskan Recycle Bin, makan akan terdengar bunyi Recycle Bin .
aplikasi screen reader

Tapi ada kelemahannya juga sob, ternyata tak semua aplikasi atau halaman website dapat diakses oleh screen reader. Masih banyak juga objek yang tidak terbaca atau sulit diakses oleh seorang tunanetra, sehingga tidak semua website dapat ternikmati.
Tapi tenang ajah, kan jaman udah makin canggih. Pasti terlahir seorang programmer – programmer baru yang handal. Berusaha mengembangkan aplikasi yang aksesibel artinya aplikasi dan website yang dapat dengan mudah diakse oleh seorang tunanetra. Tanpa mengurangi kenyamanan pengguna normal yang memperoleh informasi dari elemen visual yang ada didalamnya. Hanya perlu menambahkan sedikit skrip yang memungkinkan screen reader mengenali objek tersebut.
Informasi selanjutnya mengenai pembuatan aplikasi website yang aksesibel di www.w3c.org.
Ada nihh salah satu screen reader yang cukup terkenal ‘’JAWS for Windows, di http: // www.freedomscientific.com
Ekhh sob, tau ngk sebutan KARTUNET ??? Jadi KARTUNET itu ‘’Karya Tunanetra’’. www.kartunet.com sejenis website yang asli digarap oleh tunanetra. Dibantubeberapa orang berpenglihatan untuk desain grafisnya, selebihnya untuk administrasi dan pemrogaman sepenuhnya dikerjakan oleh tunanetra. Kereen ngk tuh??? Siapa bilang tunanetra ga gaul??? Ngk bisa maen komputer??? KARTUNET sendiri merupakan wadah kreasi bagi tunanetra yang gemar menulis puisi, esai, cerpen. Khusus buat tunanetra, siapa aja boleh mengirimkan naskah dan dimuat di KARTUNET. Jika lolos seleksi, karyanya akan dipampang nyata.
Siapa bilang tunanetra ngk bisa Nge-Blog?? RAMADITYA : The Indonesian Blind Blogger. Nih contohnya www.ramaditya.com salah satu blog Indonesia yang murni digarap olehnya,mulai dari layout, scripting,hingga proses posting artikel. Gilla sob, kerenn asli. Kalian bisa check tuh di alamat websitenya. www.ramaditya.com berisi artikel dan catatan harian seputar kehidupan sehariannya. Seperti macam diary gitudehh.....jika pengunjung menyalakan speaker, maka akan terdengar musik pengiring yang menyesuaikan diri dengan artikel yang sedang dibuka. Pengunjung blog nya pun bisa mengunduh beberapa karya musik yang demonya disediakan gratis. Coba deh di check, beneran gue udah ngechek, alsli kereen abisss.#Menurut gue
Meski blog punya tunanetra, bukan berarti tak ada image nya. Mereka yang berkunjung ke blognya dapat melihat beberapa moment yang dia abadikan dalam bentuk gambar. Hmm perlu di ingat juga, karna yang punya adalah tunanetra, boleh jadi atau bisa jadi kita menemukan layout , gambar, atau link yang error.
Ini dia tentang Ramaditya.com
Bagaimana seorang tunanetra ‘’Ramaditya’’ bisa kenaldengan istilag blog ataupun blogging??? Nge – blog, dalam artian menbuat jurnal dan di post dalam media online di internet, dan siapapun bisa melihatnya. Merekapun yang melihatnya bisa berbagi komentar atas apa yang tertulis dalam catatannya tersebut.
Ketertarikan dia sendiri untuk nge-blog sebenarnya berawal dari kegemarannya membuat catatan harian. Sebelumnya dia menggunakan istilah Braille, sistem tulisan timbul yang digunakan oleh tunanetra untuk baca tulis. Setelah mengenal kecanggihan teknologi yang makin kian berada, dia memindahkan semua catatan Braille nya ke bentuk digital, dia menyimpannya dalam bentuk word (dokumen).
Sahabatnya “Slamet Rianto’’ mengenalkandan mengajarkan dia (Ramaditya)tentang website dan bagaiman cara membuatnya. Dia mulai belajar membuat website seperti HTML dan JAVASCRIPT, dua bahasa pembuat website yang sudah popular ini. lahirlah sebuah situs pribadi yang beralamatkan : www.ramaditya.netfirms.com yang isinya sangat sederhana dan hanya berisi catatan harian berbentuk teks tanpa gambar dan alemen websiteapa pun. Hari berganti hari, bulan berganti tahun...dia membeli domain sendiri yang selanjutnya menjadi websitenya, and Now www.ramaditya.com . setelah banyak mengalami pembelajaran, dia mulai membangun website nya secara profesional bung. Meski ini adalah website yang membuat pengalaman dan kehidupan seorang tunanetra, bukan berarti isinya tentang hal yang menyedihkan lohh, seperti yang mungkin dibayangkan banyak orang. Lewat website nya, justru dia berusaha menampilkan kisah hidupnya secara normal, dan kalau perlu memuat hal hal unik yang menggelitik yang tak pernah terpikirkan oleh banyak orang.
Di tahun 2007, salah seorang temannya memintanya untuk bergabung dengan situs jejaring social Multiply. Maka jadilah dan lahirlah blog pribadinya yang kedua www.ramaditya.multiply.com , situs inilah yang menjadikan media pertemanan antara dia dengan pengguna multiply bias disebut dengan MP.
Mengenai isinya sendiri, beberapa artikelpilihan yang diambil dari ramaditya.com, juga tulisan yang pernah dimuat dimedia lain. Jadi..siapa bilang tunanetra ngk bisa nge-blog???
Kerenn yahhh, seharusnya yang ngk tuanetra bisa lebih jago nge-blog nya nihh

 
sosok ramaditya dan bukunya ''blind power''

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar