RSS

Orang Pinggiran

Hallo sobatt...

Pernah liat, pernah nonton acara atau tayangan ‘’Orang Pinggiran’’ di trans 7?? Acara Orang pinggiran ini adalah acara semi dokumenter yang bercerita mengenai perjuangan orang pinggiran untuk bisa bertahan hidup meskipun kehidupan mereka terus tergerus oleh perkembangan zaman. Memenuhi berbagai kebutuhan hidup meskipun dengan keterbatasan dan ketertinggalan menjadi inspirasi tersendiri bagi penonton . motivasi dan semangat mereka menjalani hidup dapat mengatasi berbagai hal yang ada.
Yang masih aku ingat dalam tayang Orang Pinggiran episode ‘’ Bertaruh nyawa dalam sekeping logam’’
Kira – kira hari kamis lalu, 30 January 2014 15.45 WIB , aku menonton tayangan itu. Hmm tayangan yang menyentuh hati.
Sebut saja ia BOCAH LOGAM , sudah 3 tahun Imam menyandang nama tersebut. Aku salutt sama Imam masih SD ajah bisa cari duit, sedang aku yang sudah menyandang status sebagai Mahasiswa ajah masih tergantung orang tua, malu banget rasanya.
Setiap harinya sepulang sekolah, Imam mencari Uang Logam di sekitar Penyeberangan ketapang, Banyuwangi.Jawa Timur.....Koin logam yang dilempar para penumpang kapal fery ini di pelabuhan Ketapang ini ke laut merupakan kepingan rejekinya. Jujur ya...melihat tayangan ini, aku sendiri menitikkan air mata, maklumsob...gue orang melankolis. Hhe
Meski berbahaya, pekerjaan ini dia jalani mengingat tak ada yang bisa diandalkan untuk mencari nafkah. #terharu
Imam mencari kepingan logam di laut tidak sendiri,ia bersama kawannya kalau ga salah namanya Rio. Sahabat Iman dari kecil, yang membuat aku kagum. Rio ini bisa dibilang bisu (tunawicara) tapi Imam selalu mengerti apa yang ia katakan. Dengan bahasa isyarat yang sederhana mereka berdua saling akrab dan juga saling bekerja sama mencari kepingan logam rejekinya itu di laut.
Sang Bunda telah lama bekerja sebagai TKI di Malaysia dan tak ada kabar sampai detik ini, ntah ditelan bumi atau bagaimana yang jelas Imam saat ini merindukan Ibunya.sungguh sosok Imam yang punya pemikiran dewasa dan bertanggung jawab. Tekadnya begitu kuat membalas budi kebaikan neneknya yang telah mengasuhnya sejak kecil.
Neneknya sendiri pun sering khawatir jikalau Imam mencari uang logam pada malam hari dilaut, takut apabila cucunya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pesan nasehat yang tersirat untuk Iman dari neneknya pun tiada henti sering diucapnya.
Imam sendiri mempunyaisatu adik laki-laki yang masih kecil, ketika Imam memberikan hasil uang logam rejekinya kepada sang nenek. Adiknya sendiri pun iri, ia juga ingin mencari uang logam bersama kakaknya agar bisa dapat uang membantu neneknya. Tapi Imam melarangnya, karna itu berbahaya. ‘’Nanti kamu tenggelam dik’’, jawab Imam.
‘’Tapi kak, aku ingin membantu kakak cari uang’’kata adiknya
‘’Ga usah dik, biar kakak ajah yang membantu nenek,kamu belajar saja yang rajin. Kakak cari uang buat biaya buku sekolah kamu dan buku sekolah kakak sendiri. ‘’ jawab kakaknya.
Sungguh itu kata-kata yang bikin aku, woow terkejut,kagum, haru. Aku sendiri aja belum pernah berkata seperti itu kepada adik kandungku.
Semangat buat Imam, semoga kebaikanmu membuahkan hasil yang terbaik untuk hidup mu kelak. Imam sendiri masih duduk dibangku kelas V SD, dia tergolong murud yang pintar. Ibu gurunya pun sering memuji dia. Sampai – sampai Ibu gurunya pun tersentuh hatinya untuk menyumbangkan baju seragam sekolah agar ia tetap bisa sekolah.
Ketika melihat tayangan ini, aku sendiri berharap banyak orang yang tersentuh hatinya dan memberikan bantuan pendidikan untuk Imam dan mambantu ekonomi keluarganya. Semangat ya Imam semoga kamu cepat bertemu dengan Ibu kamu.
Well ini ceritaku hari ini, KAMU???

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar