RSS

Yuuk Kenalan Sama Mereka

Ini Hari Bersama BimbBi (Bimbingan Belajar Bersama IRMA)
IRMA (Ikatan Remaja Masjid)
Selamat malam guys...
Malam yang dingin paling enak duduk di ruang santai sambil ditemani secangkir teh hangat. Mumpung masih libur semester, ini saat yang paling tepat buat kumpul bareng bersama keluarga , saling ngbrol tentang kegiatan yang dilakukan seharian bersama teman-teman. Tak lengkap rasaya kalau hanya obrolan singkat yang didapat tanpa ada tanggapan dari orang tua. Aku pun menceritakan semua kegiatanku seharian ini. mulai tanggapan positif negatif pun aku terima. Yahh inilah kehidupan setiap moment yang tercipta pasti ada baik buruknya.
Oke simak ceritaku...
Pagi di hari Minggu, bersama keluarga BimbBi inilah aktivitasku hari ini. awalnya aku kenal BimbBi itu dari teman SMA ku (Galuh). Tak sengaja aku melihat foto dia bersama anak-anak yang dia upload di facebooknya. Aku pun berkomentar di fotonya, menanyakan itu kegiatan apa?? 

Dia pun menjawab ‘’itu adalah salah satu kegiatan mengajar di sekitar Butuh, Purworejo, tempat kami mengajar yaitu di sebuah Musholla dekat rumahku’’.
‘’Wahh seru tuh ,itu kapan kegiatannya??’’ tanya ku lagi
‘’kami mengadakan setiap hari Minggu jam 08.00 pagi bersama anak-anak dan tutor-tutor lainnya’’ jawab Galuh
‘’Ternyata di Purworejo ada yaa kegiatan seperti PPBY’’ pikirku dalam hati
Aku pun menjawab komentar dia di facbook
‘’aku juga punya kegiatan seperti BimbBi di Bogor, namanya PPBY (pelaksana beasiswa yatim dhuafa) dan IMAKA (Ikatan Mahasiswa AKA) Mengajar’’
‘’owh ya?? Wah bagus donk’’ jawab dia.
‘’heemmb ...owh yaa kapan-kapan kalau aku libur semester, boleh donk aku maen ke BimbBi??’’ tanyaku
‘’ya tentu saja boleh, pintu kamiterbuka untuk siapa aja yang datang untuk kebaikan. Kami sangat senang sekali’’ jawabnya
Dan akhirnya hari Minggu ini tertanggal 23 February 2014 target ku tercapai, yeyyaayy benar banget aku bisa mengunjungi sobat-sobat BimbBi.
Pukul 06.55 WIB aku melihat jam digitalku, aku SMS temanku Galuh ‘’ntar kalau BimbBi ngajar kasih tau aku ya’’
Tak berapa lama aku menerima pesan darinya ‘’oke, ini juga aku lagi siap-siap mau mandi abis itu pergi ke tempat mengajar, kita mulai jam 08.00 WIB’’
Melihat lagi jam dinding di ruang tamu menunjukkan pukul 07.28 WIB, sepertinya aku harus menyelesaikan pekerjaan rumahku dulu secepatnya #dalam hati
Okay tugas rumah aku udah selesai, sekarang saatnya siap-siap dan cuzzz ke tempat mengajar. ‘’mah..akupergi dulu ya’’ #pamit Emmak
‘’Mau pergi kemana nduk pagi-pagi begini??’’ tanya Emmak
‘’Mau pergi ngajar mah’’ jawabku
‘’Dimana’’ tanya lagi heran
‘’itu deket SMA ku mah, yang ngajar anak-anak dari UMP kebanyakan. Aku mau ikut ngajar juga. Owh yaa mah sebelum pergi sepertinya belum lengkap kalau belum minta ongkos , hhehe’’
‘’sudah ku duga’’ kata Emmak
Hmmmb ternyata Emmaku tau apa yang dipikirkan anaknya. #dalam hati
Okeyy mahh ini udah lebih dari cukup, makasih mah, aku pergi dulu
Assalamualikum...
Waalaikumsalam..hati hati ya nduk....(pesan Emmak)
Okey sipt mah... #sambil jalan
Keberangkatanku ketempat mengajar dipenuhi dengan nostalgia. Keinget masa-masa SMA, tentu saja bagaimana tidak?? Jalan yang kulewati mirip dengan jalan yang aku lewati saat SMA. Naik angkot mulai dari jalanraya dekat Rumah ­à Terminal Kutoardjo à SMA 11 inilah rute yang aku lewati. Ketika naik Engkel (sebutan angkutan disini seperti Metromini tapi lebih kecil lagi ) pun aku memilih tempat duduk favoritku saat SMA , disebelah kiri barisan kedua dekat pintu #sengaja
Menikmati perjalanan kurang lebih 15 menit, habis itu turun dan berjalan menuju tempat mengajar. Hanya berjarak beberapa meter dari depan jalan raya, tapi ini bener emang nostalgia banget deh. Ketika melewati SMA ku (SMA N 11 Purworejo) aku berjalan sangat pelan, sambil melihat-lihat keadaan SMA ku saat ini dari luar, sepertinya banyak yang berubah ya??? Tapi perubahan kearah yang lebih baik lagi, syukurlah.
#singkat cerita....tettetetetetetettetetetetttt
Ga sadar aku sudah berjalan lumayan jauh, untuk memastikan tempatnya. Aku sms Galuh lagi menanyakan tempat. Dia pun memberikan alamatnya di SMS yang aku baca.
Dan akhirnya, dari kejauhan aku sudah melihat mereka (anak-anak bimbBi). Sampai ditempat pun aku langsung menyapa temanku Galuh, yah benar karna hanya dia yang aku kenal.tapi tak apa, ntr di dalam juga akan kenal dengan kakak-kakak tutor BimbBi yang lain. Ngk percaya?? Okay kita buktikan.
Sampai di dalam Musholla #lupa nama Mushollanya , aku melihat suasana disekitarnya. Hemmb nampaknya mereka sedang asyik bernyanyi. Lalalaa yeyye lalla yeyeye
Terlihat juga foto-foto kegiatan mereka yang tertempel didinding. Aku pun menyempatkan melihat dokumentasi kegiatan mereka #seru,unik
Kata kata yang aku masih ingat
‘’Apa Kabar BimbBi pada pagi hari ini??”
anak-anak pun menjawab dengan serentak ‘’Alhamdulillah, Luar biasa, Bersama BimbBi  oke oke yes yes...Allahu Akbar yuukkk ’’ #sepertinya kalau ga salah . Heheh maap yahhh ga nyimak dengan baik-baik tadi.
Disana , aku pun diberi kesempatan memperkenalkan diri tak lupa aku pun menyapa anak-anak BimbBi.
‘’Hallo adik-adik BimbBi??? Udah kenal kakak belum?? Kok diem sih?? Masih malu-malu ya sama kakak?? Okeyy perkenalkan dulu nama kakak ya...nama kakak Kak Rahma. Siapa siapa????
‘’Kak Rahma’’ jawab mereka lirih
Hmm mau kenalan apalagi ya bingung?? Hehe #kataku spontan
‘’sekolahnya dimana kakak??’’ tanya salah satu tutor disana
‘’owh ya, kakak sekolahnya jauhhhhh, hehhee ada yang tau dimana?? Kakak sekolahnya di Bogor, ada yang tau Bogor???
‘’Jawa Barat’’ jawab salah satu adik ajar mereka
‘’yup betul, Bogor ...Jawa barat. Kaka kuliah semester IV disana. ‘’ jawabku jelas
‘’okay hari ini mau belajar apa adik-adik??’’ kemaren udah belajar apa aja sama kakak kakak tutornya??’’ tanya ku balik kepada mereka.
Terdiammmmm........ ‘’ternyata mereka masih malu-malu’’ hehehe #dalam hati
Okay gapapa emang mereka butuh adaptasi juga dengan ku, aku pun begitu tapi tak lama kemudian kita pun saling mengenal dan saling bercanda. #meskipun hanya sebentar
Tak hanya anak-anak saja yang aku kenal, aku juga mendapat teman disini dari mahasiwa/i dari UMP (Universitas Muhamadyah Purworejo) dan Polsa (Politeknik Sawunggalih Aji). Merekapun berasal dari jurusan yang beragam, ada yang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fisika, Management, dan teknologi Informasi ada juga yang otomotif. Hmm ada juga yang udah kerja, menyempatkan hari liburnya untuk mengajar.  Tapi ga semua aku hafal namanya hanya beberapa, itu pun yang sering aktif di grup BimbBi. #insya Allah inget muka kok, hehe
Disana pun aku berkesempatan bermain-main dengan anak-anak paud ‘’nabila, sayang, Rizki, Anis, dkk. Ada yang unik disini, pertama aku tanya kepada salah satu anak.
‘’kamu siapa namanya sayang??’’
‘’sayang kak’’ jawabnya
‘’hah sayang’’ kataku
‘’namanya dia sayang’’ jawab tutor disebelahku
Baru ngerti ‘’owh jadi namanya sayang’’hhee jawabku nyengir
Bau menemukan anak yang bernamakan sayang disini. Hmm orang tua yang pintar yaa memberi nama anaknya sayang. Agar anaknya kelak disayang setiap hari dengan teman-temannya. Kan manggilnya Sayang... Sayang.. Sayang... heheh #bercanda
Yang kedua, aku menemui salah satu anak bernama ‘’Nabilah’’...salah satu tutor (Ayis) berpesan padaku ‘’Mbk jangan kaget yaa kalau ngajar Nabila, dia ini orangnya rada-rada cengeng. Tau tau ntr nangis sendiri. ‘’
‘’owhh iyaa makasih yaa’’ jawabku
‘’ayyo nabila sayang , Puzzlenya disusun , coba tebak ini gambar apa??’’ tetetettetetettttttt
Wah ternyata yang aktif ini kakak-kakak tutornya nih, abis kakaknya yang ngerjain sih. #kataku bercanda
Ayyo nabila kita susun Puzzlenya, kita lihat gambar yang udah jadi di Papan Tulis tuh, Semangat,,,,,,,, #puzzle pun diputar bolak-balik dipasang dan dicocokkan dengan gambar yang sesuai.
Tak berapa lama kemudian, oakay nabila ini udah disusun. Sekarang nabila yang nempel pakai lem ya?? #permintaanku
Aku bantu Nabila mengelem kertas puzzlenya. Semangat nabila, yeyeyye llalal yeyyeye
Dan akhirnya ...yeyeyeyeye jadi nabila...puzzle kura-kura. Toss dulu dong.. hehehe Rasa kangenku terhadap anak-anak kampung blentuk, Bogor, Jawa Barat ini telah terobati dengan melihat segala aktivitas anak-anak BimbBi dipagi ini.
#singkat cerita
Sepertinya waktu sudah berlalu begitu cepat, waktu pun sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB saatnya ini adalah saatnya waktu pulang.
‘’okay anak-anak buku-bukunya dirapikan kembali saatnya kita pulang, sebelum pulang kumpul dulu ya sama teman-teman yang lain #perintah Ayis (salah satu tutor)
Berkumpul diruangan utama serambi Musholla
‘’sebelum pulang kita harus berdoa terlebih dahulu, berdoa di mulai
Bismillahirrahmanirrahim..............................................................................................................................................................................................................................................................’’
Sebelum pulang juga, ini adalah kebiasaan anak-anak BimbBi ‘’menyalami kakak-kakak tutornya’’ sama seperti PPBY dan Imaka mengajar sebelum pulang anak-anak didik kami juga menyalami kakak – kakaknya.
Hal ini yang membuatku terharu dan merasa dihormati oleh mereka. Memang benar menjadi seorang pengajar sukarelawan itu kehormatan bukan pengorbanan.
Setelah mereka pulang, kakak-kakak tutor BimbBi pun berkumpul mengevaluasi tentang kegiatan mengajar hari ini. tentang masalah-masalah yang menghambat kegiatan mengajar mereka. Canda tawa, keakraban tak terlupa ditengah-tengah obrolan kami. Masalah pendanaan, iyaps benar..kegiatan tidak akan jalan tanpa adanya dana. Ditambah dengan anak-anak didiknya yang sekarang kurang semangat belajarnya.
Tenang tenang sob, setiap masalah pasti ada solusinya. Sabar-sabar brohhh....
Insya allah kalau masalah dana, itu pasti akan ada secara tiba-tiba kalau niat kita baik. Dikembalikan lagi pada niat kita, tujuan kita udah baik belum nih sob??? Untuk masalah anak-anak yang kurang semangat buat belajar..hmm coba deh bikin metode baru biar mereka semangat belajarnya dan ga mudah bosan. Seperti nonton film pendidikan, mendongeng sambil menyisipkan nilai-nilai (akhlak), atau kita tingkatkan saja kretivitas mereka. #saran baru  kepikiran SEMANGAT KALIAN PASTI BISA
Setelah lama kita saling ngobrol, saling akrab...tiba-tiba salah satu tutor ijin pulang karna ada keperluan. Disusul juga bersamaan dengan beberapa tutor lainnya. Dan sekarang yang di Musholla hanya kita bertiga (aku, galuh dan Ayis), tak lama kemudian datang lah Hadi (tutor bimbBi juga). Jadi berempat deh ga jadi bertiga..hehe saling  mengobrol tentang pendidikan Indonesia saat ini, #Ironis
Owhh ya guys..... aku tertarik (dengan gaya bicara) salah satu tutor namanya Ayis, hmm sepertinya orang ini menyukai pergerakan. Kelihatan dari cara ia berbicara, apalagi pergerakannya tentang politik.  Tapi sayang, gue ga begitu paham tentang politik #maap ye... Itu obrolan singkatku dengannya.
Waktu adzan dhuhur pun terdengar.......
Allahu Akbar...Allahu Akbar...
Waktunya berhenti sejenak dari ativitas, segera tunaikan sholat. Yaps itu yang kita lakukan bertiga di Musholla . Ayis jadi Imam sholatnya , aku dan Galuh jadi Ma’mumnya.
Setelah selesai sholat, aku berpamitan pulang dan aku meminta Galuh untuk mengantarkanku sampai depan jalan raya.
‘’udah Galuh,,,anterin ajah sampai rumahnya’’ ledek Ayis
‘’udahh ga usahh sampai depan ajah’’ jawabku
‘’ternyata Galuh beneran, anterin gua sampai Rumah, gua kira bercanda’’ tapi thanks brohhh ongkos pulang gua utuh. Wkwkw kalau punya teman banyak, enak juga yahh .
Thanks a lot BimbBi, sudah memberikan pengalaman yang bermakna bagi diri ini secara Pribadi. Kalau ada waktu lagi, aku sempatkan main lagi ketempat kalian. Oakayyy ini cerita liburan semesterku, kamu???

*Kegiatan belajar mengajar ini berlangsung dua jam mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB, setiap hari Minggu di Ds.Butuh, Purworejo
Bagi kalian yang berminat mengajar menjadi sukarelawan , hubungi Galuh di 083877094039
Terimakasih,

Beberapa dokumentasi kegiatan mereka








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar