RSS

Permainan Drama

‘’Tetaplah menyala walau dikegelapan dan mulailah menyalakan lilin-lilin yang mulai padam disekelilingmu’’
(Bogor Menyala)
Sunday, 14 Desember 2014
Selamat pagi Matahari , Happy Weekend.......
Pagi ini ada sedikit sesuatu yang membuat gue panik, deg-degan, seneng, takut dan itu rasanya nano-nano banget. Sepulang dari acara PPBY super Camp tadi pagi sekitar pukul 08.58 WIB , gue harus cepet-cepet mandi bergegas pergi lagi ke acara PEKMAS (Pekan Masyarakat) BEM IMAKA.
Iya ini adalah salah satu kegiatan dari BEM SOSMAS – IMAKA periode 2014/2015. Salah satu kegiatan dengan masyarakat disekitar kampus AKA. Tujuannya sendiri mencipatakan keakraban Mahasiswa – Masyarakat. Akan ada berbagai macam keseruan disini, misalnya : jalan – jalan pagi, lomba anak-anak, check kesehatan gratis, dan juga penyuluhan. Nah dari serangkaian acaranya , gue adalah salah satu PJ penampilan anak-anak di Rumah Kreasi.
Rumah Kreasi ini merupakan tempat belajarnya anak anak didik dari BEM SOSMAS (IMAKA MENGAJAR). 20 lebih anak-anak disekitar kampus belajar dengan kami. Anak-anak nya pun beragam, dari kelas paud, SD ( 1 – 6 ). Yang mengajar mereka adalah kami , para pengajar sukarelawan yang suka dengan anak-anak dan juga yang memiliki kesadaran utnuk mengembangkan pendidikan.
Suadah sepantasnyalah kita sebegai generasi muda untuk Bangsa yang berperan sebagai generasi Perubahan. Yaps kita memilih menyalahkan atau menyalakan ????
Seperti yang pernah gue baca dalam sebuah artikel, dan ini memotivasi gue banget buat optimis buat belajar bersama mereka (anak didik IMAKA Mengajar), ‘’ Dalam mengajar ada hal yag lebih penting dari pada kepintaran, yaitu cara kita memberi pelajaran yang membuat murid merasa bahwa belajar itu menyenangkan. Tapi yang terpenting mengapa pendidikan itu penting buat mereka ‘’
09.55 WIB
Wuihhh anak anak ternyata udah pada nyariin gue. Dari jauh pun udah ada yang memanggil – manggil .
‘‘ Ka Rahmaaaa , Ka Rahmaaa... ayoo kapan kita latihan lagi??’’ kata  Ratna (salah satu anak didik)
‘’Ayooo mana temen temen nya di panggil dulu yaaa ‘’
‘’mereka lagi pada ikutan lomba ka’’ kata Ratna
‘’ya udahh kita tunggu sampai mereka selesai yaaa’’
‘’Okke kaa ‘’
 Iyaaa kita udah jajian kalo kita mau latihan drama dan koreografi untuk tampil hari ini. Sebenarnya dari minggu – minggu kemarin kita udah latihan. Jadi sekarang sebelum nampil kita mau gladi bersih dulu. Hhee...sebenernya yang bikin gue deg-degan adalah saat mereka nampil nanti. Karna PR terberat gue adalah bagaimana caranya gue harus mengembalikin kepercayaan diri mereka di depan umum. Dan yang gue takutin adalah mereka baru latihan dua kali dan itu nggk maksimal banget di tambah satu kali ini langsung gladi resik.
Dalam hati ‘’Ya Allah lancarkanlah latihan kami’’ dalam hati.
Lama menunggu mereka ikut acara lomba , gue memanggil salah satu anak
 ‘’ Ayu, kita jadi latihan lagi nggk ni?? Panggil temen-temen yang lain yaaa, kaka tunggu disini’’
‘’Iyyaa kak’’
Ternyata anak-anak nya lebih suka ikutan lomba dari pada ikut latihan. Huummbb anak-anak emang begitu yaaa. Kalo ada yang lebih menarik ajah, langsung cuzzz berbalik arah. Lucu yaaa???? Sabar yaaa Rahma, untung disini ada temen gue Aisyah yang menenangkan suasana. Jadi gue nggk terlalu panik akan hal ini. Tapi gue harus bersabar sampai pukul 12.00 WIB menunggu mereka selesai ikut lomba baru kita latihan.
Gue harus lapangin hati gue dulu nih, sembari menunggu mereka. Huuuuumbb melapangkan hati adalah pekerjaan yang panjang dan perlu latihan berkali – kali, yang jelas butuh ilmu pemahaman yang baik buat memahami mereka.
Owhh yaaa gue belum cerita , jadi kita itu latihan drama musikalisasi. Hehhe keren si yaaa namanya. Awalnya gue memutuskan untuk melatih mereka ini, gegara gue tuh pengen banget membuat mereka tuh bisa nampilin potensi mereka. Gue yakin kok mereka itu luar biasa dan mereka bisa. Senyum mereka adalah semangat gue. Makanya gue semangat banget buat melatih mereka dan malahan gue yang ngajuin diri waktu itu untuk jadi PJ anak-anak nampil. Dan mungkin itu adalah kesempatan buat gue lebih deket sama mereka. Drama musikalisasi ini terdiri dari Ayu, Ratna, Nasya, Ilhan, Refi. Dera, Wahyu, Nafis dan banyak lagi. Nah kita mengambil tema Go Green. Yapzz Let’s it Grow. Iyya lewat permainan drama ini kita mengajak temen-temen untuk peduli dengan lingkungan di sekitar kita. Apa karna gue kuliah mengambil focus di Lingkungan terus gue aplikasikan disini ya?? Hahah bisa jadi .....
12.00 WIB
Waktu latihan telah tiba....

’ oke anak anak kita kumpul dulu, siapa disini yang udah bener bener hafal geraka 1 sampai selesai?? Ayoo cung hand !!!
Sebagian malah tersenyum.......
oke sekarang atur posisi kalian , yang belum masuk pada bagian awal minggir dulu disamping yaaa......’’
yeee latihan pun dimulai , gerakan awal oke fix udah bagus gerakan senjutnya sampai belakang berantakan lagi. Ahhh tidakkkkkk ...... Rahma yang sabar yaaa, mereka kan anak-anak maklum kalo lupa. Sempet psimis juga , tapi gue ngk boleh gitu . Gue harus bisa mengembalikan semangat mereka ... ayoo kalian bisaaa. Dan nanti kalian bakal dapet tepukan tangan yang meriah dari para penonton. Kalo kalian lupa dengan gerakannya, kalian jangan diam aja kalian harus gerak sesuka kalian se natural kalian. Kalo kalian diam aja didepan orang – orang bakalan tahu kalo kalian lupa dengan gerakannya. Tapi kalo kalian gerak orang – orang nggk akan tahu kalo kalian lupa. Percaya sama kaka, nanti kaka akan berdiri di ujung dan ngasih semanagt wosshhhh buat kalian, ntar kaka kasih kode dehh kalo kalian lupa. Ciyuzzz =D
Disini kita hanya dua kali latihan dan setelah itu mereka nampil. Tapi sebelum nampil kita istirahat dahulu karna kita nampil pukul 13.15 WIB . saat dikasih waktu istirahat mereka berpencar ada yang izin mau maka, beli minum dan ada yang izin pulang sebentar. Okee karna masih satu jam lagi jadi gue izini mereka untuk pergi.
Waktu hampir mendekati pukul 13.00 WIB , batang hidung mereka belum terlihat. Woww gue di bikin paik sama mereka. Duhh mereka kemana yaaaa??? Selalu gue dikasih kejutan  yang tak terduga – duga sama anak-anak. Argghhh anak anak itu terkadang ngeselin tapi juga terkadang nyenengin. Ahhh tapi keseringan ngangenin sih.
Aisyahhhh pliss tenangin gueee..... mereka pada dimana????? Where are youuu??????
13.15 WIB
Pertolongan Allah nampaknya datang terlambat. Tapi gue percaya Allah selalu on time. Ahhh kalian datang disaat yang tepat anak-anak. Ayoo segera prepare bentar lagi kita tampil semangattt................Tiba – tiba ada anak yang nyeletuk , ‘’Kak aku malu banyak orang yang nonton, gimana nih??’’
Dalam hati , semangat Rahma lo harus bisa mengembalikan rasa percaya diri mereka. Lo harus bisaa. Lo pernah berada di posisi ini kan ?? dan lo bisa melampauinya. Ayoo Rahmaaa...LO BISA.
’sini – sini dengerin kata ka Rahma, kalian ngk peru malu. Buat apa kita udah latihan dari kemarin kalo sekarang kalian nggk mau nampil?? Lebih baik dari kemarin aja kita nggk usah latihan. Kalia harus berani ngk boleh cemen, kaka ngk mau masa’ adik adik kaka jadi cemen begini sh??? Anggep aja di depan kalian itu semua batu, anggep aja di depan kalian itu nggk ada orang. Pasti kalian bisa kok, kaka percaya kalian berani. Oke sekarang kita berdoa buat kelancaran penampilan kalian. Pegang erat-erat tangan temennya dan tundukkan kepala , lalu berdoa dalam hati kalian. Minta sama Allah biar nanti kalian ngk malu lagi kalo nampil. Dan sekarang bayangin dalam diri kalian, kalo kalian dapet suara tepuk tangan yang meriah dari para penonton. Okee kalian bisaa, kalian adalah anak-anak yang hebat’’
Perbedaan itu niscaya. Tetapi perbedaan tidak selalu mudah diterima. Lewat permainan Drama, anak-anak dengan latar belakang yang berbeda akhirnya bisa berbaur dan bekerja sama
Setelah mereka selesai nampil, akhirnya mereka bisa menghibur penonton. Meski buat gue belum terlalu maksimal nampilnya  tapi kalian hebat udah bisa membuat para penonton tertawa. Setidaknya ini akan jadi pengalaman kalian yang nggk bakal kalian lupain. Maksih juga berkat kalian gue jadi tambah deket dan mengenal kalian. Makasih yaaa....
Maksihh yaaa AISYAH udah nemenin gue melatih anak-anak. Gue ngk tau apa jadinya tanpa lo. Danke freund =D
Behind The Scene ( saat saat latihan ) 







Bogor , 14 Desember 2014


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar