RSS

KALAU SAJA AKU TAHU


Suatu pagi seorang ahli bangunan dipanggil oleh sang raja.
‘’aneh’’ pikirnya’’’ tidak biasanya aku dipanggil sang raja. Ada apa ya? Aakukan baru saja menyelesaikan rumah pesanan raja untuk salah satu penasehatnya. Apa aku melakukan kesalahan?
Setelah dipikir2, tukang bangunan itu tidak merasa punya salah apa2. Yah.. apa boleh buat. Adapun yang disampaikan raja, aku harus menguatkan hati ku.

Lalu ahli bangunan itu un pergi menghadap raja. Sesampainya didepan tahta kerajaan. Raja pun mengeluarkan titahnya :
Wahai ahli bangunan ..buatlah satu rumah lagi !
Berapa lama tuanku??
Kerjakan saja sesukamu.’’
‘’ berapa biaya untuk membuatnya’’??
‘’ Aku memiliki satukarung emas. Gunakan sesukamu !’’
‘’ Seperti apa bentuk rumahnya?’’
‘’ atur saja sesukamu!’’
‘’Dimana aku harus membangunnya??’’
‘’Tentukan saja sesukamu!’’

‘’wah...jarang2 raja memberi tugas semudah ini. Aku boleh membuatnya  sesukaku.
Karna aku baru saja menyelesaikan satu rumah, aku kerjakan rumah ini kalau ingin saja.toh.. waktu membuatnya terserah aku.
Setelah menerima titah raja yang menurutnya sangat ringan tersebut, sang ahli bangunan itumengerjakannya seenaknya. Kalausedang malas, dia tidakmengerjakannya. Bahkan ketika dia punya niat untuk mengerjakannya, bahan bangunan yang dia beli pun, bukan kualitas terbaik. Bentuknya pun terkesan asal dan tidak mempertimbangkan unsur keindahan. Benar2 rumah yang hanya sekedar untuk tempat berteduh. Bukan rumah yang nyaman ditinggali dan membuat betah penghuninya.
Setelah 6 bulan sejak keluarnya titah raja untukmembuat rumah, utusan raja datang untukmemberi tahu ahli bangunan bahwa 3 hari lagi sang raja ingin tahu tentang hasil kerjanya. Mendengarhal ini, ahli bangunan kagetnya bukan mainnn. Karna merasa tidak enak pada raja, dia pun menyelesaikan rumah itu. Takut kehilangan muka kalau belum selesai. Malu gitu..
Akhirnya hari itu pun datang ,dengan segera rumah diselesaikan dengan hasil yang tidak karuan. Tapi..bagi sang ahli bangunan, yang penting dia sudah mengerjakan titah sang rajauntuk membuat rumah.
Karna belum melihat rumah itu, sang raja pun memanggil sang ahli bangunan untuk tahu perkembangan kerjanya.
‘’ Ada apa tuanku??’’
‘’ Kamu sudah selesai mengerjakan rumah itu??’’
‘’Sudah tuanku.’’
‘’Bagus rumah itu ku hadiahkan untukmu.’’
Mendengar hal ini, hancur sudah hati si ahli bangunan. Hanya satu hal yang bisa ia gumamkan dengan penuh penyesalan, ‘’ Kalau Saja Aku Tahu.....’’

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar