RSS

Agar Hidupmu Lebih Baik


Agar Hidupmu Lebih Hidup
‘’manusia yang paling baik adalah yang bisa memberi manfaat bagi manusia lainnya’’( HR At – Thabarani )

Barang kali makna hidup ini bagi sebagian basar orang adalah sekadar bisa mencapai apa yang ia pikir bisa membuatnya bahagia, mencari uang untuk dirinya,mengumpulkan kekayaan tapi tidak dimanfaatkan, sekolah tinggi untuk pamer gelar, setelah itu punya pekerjaan menikah dengan yang paling cantik / tampan dan slesai. Akan tetapi bukankah itu pertanda ego yang begitu besar sampai2 ia sedikitpun  tak menginginkan keberadaanya diakui dan dirasakan oleh orang2 disekitarnya dan bermanfaat bagi mereka??? Padahal, Allah menyuruh hamba-Nya beribadah sepanjang hidupnya dan senantiasa mengisi kehidupanya dengan kebaikan.

          Lalu, apakah disebut kebaikan jika harta yang kita miliki tak pernah kita sedekahkan untuk kebahagiaan fakir miskin, untuk mendidik anak2 yatim? Bahagiakah kita jika ilmu yang kita miliki setinggi langit dengan gelar sepanjang sungai, tak pernah dibagi dengan orang lain? Dan seorang guru besar mengajarkan kepadaku tentang bagaimana menghidupkan jiwa kita didalam diri orng lain, menjadikan setiap detik yg kita miliki begitu bernilai bagi sesama.
Sebaik-baik manusia bukanlah gelar / jabatan yang membuat seorang menjadi muliatapi sejauh manaia bermanfaat untuk  orang2 disekelilingnya. Derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari seberapa besar dirinya memiliki nilai manfaat bagi orang lain.
          Dalam memberi kita akan menemukan kebahagiaan sejati, misalnya : Guru. Ketika seorang guru mengajarkan satu hal kepada muridnya, satu kebaikan akan ia dapat. Lalu sang murid yang kian pintar  mengajarkan apa yang sudah ia tahu kepada teman dan anaknya. Bagi murid tersebut pahala dua kebaikan, tetapi guru menerima pahala tiga kebaikan. Dan ketika temannya mengajarkan kepada temannya lagi, begitu juga kepada anak tersebut yang ketika besar mengajarkan lagi kepada anaknya, dan begitu seterusnya, mengalirlah pahala yang berlipat ganda untuk sang guru. Bahkan hingga jasad sang guru termakan tanah, ia masih memberi manfaat melalui satu ilmu yg pernah ia ajarkan kepada muridnya, Subhanallah.....

Dikutip dari penulis Bestseller ‘’Melukis Pelangi” karya OSD “Sejuta pelangi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar