RSS

Militansi Berorganisasi

20 Oktober 2013
@Bsi (Baranangsiang Indah Bogor)
Aku dapatkan dari TOP ( Training OF PPBY ), ilmu yang semoga bermanfaat.


Kenapa sih diadakan TOP??? Ini adalah suatu bentuk pemahaman tentang sebuah organisasi yang kita jalani. ‘’ Pahami, Hayati, niscaya engkau akan mengerti’’. Teringat saat kemarin mendengarkan materi disebuah training dengan judul ‘’ Membangun Militansi Organisasi”. Sepertinya aku cukup tertarik dengan materi ini. Kenapa ngak??? Cuzzz dengarkan dan baca ceritaku. !!!
Sebuah organisasi pastinya butuh yang namanya Tujuan, Orang, Bekerja sama.
Apa sih tujuan organisasi yang kita jalani???
Siapa saja orangnya???
Lalu Bagaimana cara kita bekerja sama (Partisipasi )???
Orang yang tidak tahu cara berorganisasi ialah orang yang mudah datang dan mudah pergi. Berorganisasi itu cenderung memberi.berorganisasi itu suatu tempat untuk pendewasaan diri, berorganisasi itu tempat berkumpulnya orang-orang hebat, berorganisasi itu mampu keluar dari zona aman. Benarkah orang yang berorganisasi memiliki sifat pemikiran seperti itu??>
Sering kita jumpai orang-orang yang hebat berkumpul dalam suatu organisasi, tapi kita jangan berpikiran bahwa orang yang tidak berorganisasi bukanlah orang yang hebat, tidak mau memberi, dan tidak dewasa. Itu semua salah....
Saatnya kitaubah paradigma berpikir kita kawwan, sering kita jumpai juga malah oarang yang tidak mau berorganisasi, dia memiliki kemampuan yang bisa dikatakan lebih dari yang berorganisasi. Tidak usah disebutkan orangnya,pasti teman2 akan tau sendiri siapa-siapa mereka. Bisa jadi mereka-mereka itu, sahabat kita, saudara kita atau bahkan keluarga kita.  Jadi kita jangan ambil simpulan kalau orang yang tidak berorganisasi orang yang tidak punya kemampuan. Dan sebutan SO (Study Only) untuk mereka adalah sebutan yang sangat mengejek sekali, seolah-olah sebutan yang paling hina.  Apakah semua anak-anak SO itu belajar terus tiap harinya?? Mengerjakan laporan tiap harinya??? Aku jawab : TIDAKKK..mereka juga butuh senang-senang “Refreshsing “
Kenapa tidak??? Alasannya orang yang SO itu sebenarnya hanya malas untuk berorganisasi , malas berinteraksi dengan hal-hal yang memang mereka tidak sukai mungkin. Tapi kenapa tidak kita ganti saja kata SO dirubah menjadi Orang yang tidak ikut UKM disebuah kampus.
Kurasa itu lebih baik sebutannya daripada SO, bener ngak??? Berhenti dulu bahas ini, kita langsung cussss lanjut kebawah !
Pengen tanya nih????
Sejauh mana kita mau memberi dan berkorpan pada sebuah organisasi???
Ayo jawab.!!!
Militansi adalah sebuah semangat. Jadi arti dari militansi beroraganisasi yaitu semangat berorganisasi. Apakah itu ada pada bagian diri kita??? Jawabannya ada pada diri kawwan-kawwan.
Disetiap organisasi pasti ada seorang PAHLAWAN dan seorang PECUNDANG. Bagaimana saat dihadapkan ketangguhan dalam berjuang menghadapi kesulitan.
Ketika dalam berorganisasi kita luruskan niat, dengan bertujuan menyebarkan kebaikan.
Butuh waktu memang untuk menilai Militan seseorang,  tidak bisa secara frontal kalau orang tersebut militan hanya dengan kita melihat sekejap mata kita memandang.
Banyak orang semangat diawal, ditengah, dan diakhir. Tapi jarang orang yang semangat diawal sampai diakhir?? Bener ngk?? Nah kadang disebuah organisasi juga seperti itu, awalnya banyak yang kumpul,tapi lama-lama tereduksi. Faktor seleksi alam masih berlaku ternyata, ehh ini fakta loh.
Makanya luruskan niat sebelum kita benar2 masuk dalam sebuah organisasi yang mau kita jalani. Luruskan semata-mata untuk mencari ridha Sang Illahi.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar