RSS

Stuban PPBY di Sebersy , wow banget

DIBALIK Kesuksesan sibersy (Sekolah bersama Yuk )

PPBY with Sibersy


Pada Tahun 2010 Sibersy tercipta tepatnya pada 19 Agustus 2010, diawali ketika Kak Bima (pendiri Sibersy) mengikuti sebuah ajang yang bernama Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bogor 2010, kak Bima banyak bertemu teman baru yang memiliki perbedaan karakter dan prestasi juga pada saat berakhirnya ajang pagelaran tersebut kami sempat hangout bareng di sebuah mall untuk merencanakan makan bersama. Ketika pulang dari mall itu untuk pertama kalinya Kak Bima melihat ada 3 orang anak usia 6 - 10 tahun sedang duduk di trotoar bangbarung indraprasta. Kak Bima kira mereka memang hanya istirahat, ternyata selama 3 hari berturut-turut mereka selalu ada disitui tiap malam. Lalu di hari keempat Kak Bima mencoba mendatangi mereka sekitar pukul 19.00, "hai, kalian lagi pada ngapain?"
"kita lg nungguin temen2, kenapa emang ka?"
"emangg temennya ngapain?"
"kita semua kan pemulung malam kak didaerah bantarjati"
Waaaww saya bingung anak seusia mereka mencari uang bahkan di waktu malam pula
"buat apa kalian memulung?"
"buat cari tambahan uang nntinya buat beli seragam/alat tulis ja kak"
"emg orangtua kalian kemana?"
"ayah udh meninggal"
"ibu ada tapi cm jualan sayur dirumah"
"kalian berapa anak tiap malam?"
"kadang 5 anak kadang sampai 11 anak, pokoknya ramean"
"tapi kalian semua sekolah ga?"
"sekolah kak tapi kl yang ini adik saya belum sekolah karena masih umur 5 tahun"
waw saya terkejut mereka malam-malam mencari uang demi beli alat tulis dan seragam sekolah
Lanjutan dialog :
"kalian kalo diskolah pelajaran apa yg susah?"
"matematika sama bahasa inggris"
hahaha ternyata hampir semua anak bilang pelajaran itu ya
"kalian suka sm menggambar/mewarnai/bernyanyi ga?
"suka ka tapi boro2 buat beli peralatannya buat pensil sm buku ja susah punyanya"
"kalo misalkan kakak sama temen2 kakak mau bagiin kalian peralatan tulis tapi kalian harus ikut belajar sama kakak mau ga?"
"Mau banget kak, emang mau belajar dimana?"
"disana ada kaya’ ruang/balai di rw gt ga?kalo dirumah kalian gimana?"
"ga ada kak dan jangan dirumah deh, rumah kita kecil"
"kita?"
"iya kita berlima kakak beradik"
"waduh sekeluarga dong?"
"iya kak, kakak beneran mau ngajarin kita pelajaran sekolah?abis kita ga ngerti susah hehe"tapi gratis kan?"
"iya beneran(saya juga bingung waduh ngajarin mereka secara saya bukan dari bidang akademik pendidik hanya berpendidikan bidang bisnis dan pertanian)iya ntar kakak sama temen2 kakak bantuin kalian juga dan semua gratis, kira2 dimana ya tempatnya?"
"disana sih ada SD kak klo siang udah sepi, kira2 boleh ga ya?"
"coba kamu tanyain ke kepseknya dulu ya, klo boleh mingggu depan kita mulai setuju ga?"
Akhirnya sibersy pada tgl 19 Agustus 2010 terbentuk dan terlaksana atas kerjasama Kepala Sekolah SD Ceger 2 kota Bogor di tahun 2010-2011...sibersy mendasarkan pada 3 kelas(kelas 1,2,3) kelas ini bukan berdasarkan kelas mereka sekolah namun berdasarkan kemampuan di bidang matematika, b.ing dan pengetahuan umum.
mereka lalui dengan riang, bisa belajar bareng, memberikan kontribusi bagi pembentukan karakter anak yg berkualitas. mereka pun sering berwisata dengan murid ke The Jungle, aneka museum, Kebun Raya Bogor, selain itu ada kegiatan perbaikan kualitas hidup, seperti jalan sehat, minum susu bersama dan sikat gigi bersama.
Sampai suatu ketika ada pergantian kepsek di SD Ceger 2 pada awal mula 1-2 bulan sangat baik, namun lama-lama bikin kita "gerah" katanya pendidik namun ko bahasanya ga beretika ya??haduh bahasa gaulnya itu *galau* karena dia bimbang lahan parkir motor ga ada hahaha...intinya mah istilah gini : "wani piro sampean disini?" ngerti kan? hahaha, dan tau setelah itu apa yg terjadi mereka mendapatkan award sebagai salah satu program pemuda terbaik di Indonesia dalam acara "Indonesian Youth Conference". Syukur alhamdulilah, kami msih dianggap terbaik padahal baru mau 1 tahun itu. Setelah itu mereka di serang dan dihina olehnya, dengan kata seperti ini : "SBY Akan di-enyah-kan dari SD ceger 2"(kata bu rw dan beberapa murid ketika upacara) dan tahu setelah beliau ngomong begitu langsung di protes sama seluruh warga. hahaha...dapat status "ga dipercaya"
Mereka ga pantang menyerah ‘’kita liat siapa yang enyah, Kau atau kami’’???
Mereka sempat vakum 3 bulan total karena ga ada SDM dan tempat lagi, lalu pihak RW ceger menghimbau agar ada warga yg bersedia membantu mereka buat memberikan lokasi KBM dan alhamdulilah ada 2 rumah yang bersedia terasnya di pakai oleh kami 2hari/mnggu...( Upzz sama kaya gerakan PPBY Mengajar ya, memakai teras milik warga )

Setelah itu mereka pun kembali aktif dengan suasana belajar cukup kondusif, mereka banyak panggilan buat di event kampus dan ada 1 event besar yang buat kami terharu yaitu anak murid sebersy bisa tampil di ajang malam final mojang jajaka kota bogor 2011,menampilkan menyanyi dan berpuisi ..woooww amazing. Wahh kapan nihh PPBY bisa kaya mereka, ditunggu kejutannya yaahhh,,,=D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar