RSS

Sedikit Celotehan...

Boikot

 ‘’Ra, lusa ada aksi lhoh, ikut ngk kamu??? Ikut yuk ! ‘’
‘’Aksi apa?? Aksi kenaikan BBM ? tanya Rara datar, masih tidak mengalihkan pandangannya dari diktat kuliahnya.
‘’ Haduhh kamu ini Ra’,jadi besok kita mau ngadai aksi kepedulian buat Palestina. Kasian lho.. saudara-saudara kita yang ada di Palestina, digempur sama Israel habis-habisan.
‘’ Apa??? Perang ??? Kapan??? Emang disalah satu belahan bumi kita ada yang lagi perang ya?? Ohh no..!!!  kenapa aku ngk tahu ya? Rara heboh...
‘’Beneran Sha?? Beneran ada perang?? Rara masih tak percaya. Rasanya beberapa mingggu ini, pikirannnya dipenuhi reaksi-reaksi kimia, BOD, COD, sampai nama – nama virus maupun bakteri , dan tidak ada singgungan sama sekali dengan yang namanya perang, di kost ada TV pun, tidak pernah sempat melihat berita ter up date,koran pun tak ada, maklum anak kost...Kalah dengan diktat kuliah dengan segala istilah aneh yang ada didalamnya.
‘’Kamu beneran ngk tahu kalau ada perang??? Akhh parah banget sih?? Sebagai seorang Mahasiswa, seharusnya kamu lebih peka terhadap lingkungan yang terjadi di sekitar kamu,. Ya..Bolehlah dirimu rajin belajar, tapi jangan jadi ngk peka sama sekali donk, Palestina itu saudara kita, sebagai sesama seoarang muslim kita harus peduli dan ikut mempertahankan tanah yang disebut Allah sebagai tanah yang diberkahi ini, tutur Shasha semangat.
Emang kenapa kok bisa perang??? ‘’
‘’ Wah..ceritanya panjanggg dan lamaaaa, Shasha menggerakkan tangannya kesamping kanan dan kiri. ‘’
‘’ayo dong critain ke Rara ! penasaran nih...aku sih tahunya palestina dengan Israel itu tidak pernah akur, udah Cuma itu ajaah, ngk lebih dan ngk kurang.
‘’ Tapi sedikit aja ya, langsung  keintinya, besok aku ada ujian Kimia organik nih, ‘’ Rara menambahkan. Biasanya kalau sudah belajar, Rara tidak suka mendengar cerita apapun tentang perpolitikan dunia. Ia sudah hafal Shasha hobi cerita tanpa henti.
‘’ Oke jadi begini..dengerin baek baek nihh, Ceritanya dulu, dulu sekali. Palestina itu bener bener jadi jantung kaum peradaban kaum muslimin. Setelah Mekkah dan Madinah. Sebuah tanah yang didalamnya terdapat tempat suci 3 agama. Tanah para nabi.
‘’ sebantar .., kalau menurut buku yang pernah Shasha baca. ‘’ Palestina itu sangat strategis secara geopolitik. Bagus buat bisnis, karena tepat di pertengahan negara negara Arab yang rata rata juragan minyak itu sekaligus juga jadi jalur perdagangan internasional yang paling penting. Juga bagus buat militer,kalau bisa nguasain wilayah itu bisa jadi pemegang kunci dunia tuh,
‘’H’eh, terusss...?
‘’O ya.., waktu itu, kekhalifahan Islam memang lagijaya-jayanya, wilayahnya luas membentang tapi sayangnya tidak diimbangi kemampuan untuk mengurusi sehingga mudah untuk dikalahkan. Tiba-tiba Ingris dan Prancis dengan seenaknya melakukanperjanjian Sykes-Pycott yang isinya membagi wilayah milik kekhalifahan Ustmani. Kebetulan Palestina jatuh ketangan Ingris. Oleh Inggris, malah dikasih ke Israel untuk mendirikan sebuah negara Yahudi padahal mayoritas penduduk Palestina itu Muslim. Untuk mendirikan sebuah negara Israel di Palestina yang nantinya akan dihuni para Yahudi yang sebelumnya hidup menyebar, merekamembantai kaum muslimin. Dan terrus mengaku bahwa Palestina adalah milik mereka sehingga para Muslim di sana harus dimusnahkan, Shasha terengah engah, sadarrr bahawa ia barusan membaca kaliman panjang tanpa titik koma.
‘’ begitu... terus sampai sekarang, mereka terus memperebutkan tanah Palestina?? Tapi selalu saja Israel berbuat kejam dan tidak adil sedikitpun, bahkan beberapa perjanjian pun sering dilanggar. Jadi begitu Ra’...Tapi habis ini kamu mau ikut membela Palestina ya? Minimal dengan ikut aksi besok, Mau ya??
Saking panjangnya Shasha bercerita, Tanpa sadar... Rara tertidur dengan tumpukan buku yang tebal,  zzzzz
Keesokan harinya, Shasha mengingatkan Rara, kalau besok hari senin besok, aksi Palestina, ‘’Sha kau ini, temannya baru aja pulang, kepanasan, stres berat abis ujian praktikum, bukanya disapa atau dibuatiminum, ekhh malah langsung suruh ikut aksi,Maaf aku ngk ikut..!
‘’ ayo ikutlah..habis itu kita belanja deh, trus makan bakso ditempat biasa. Dari dulu kita kan belum jadi kesana lagi??
‘’ belanja dan makan bakso oke.. tapi aksi, uhh males, panass...
‘’ oke.. gimana dengan tawaran ini, kalau aku mau ikut aksi kamu harus temenin aku belanja dan creambath. Mau ngk??
Ehmm.. ‘’ boleh dah. ‘’ oke sepakat !
Tepat dihari senin
Sha, pulang ja yukk, panas nihh ntar item lagi,Rara sibuk mengelap tisu disetiap sisi wajahnya.
‘’ Sabar dong Ra? Ini belum apa apa, sebentar lagi kita akan longmarch.
Apa??? Jadi kita LONG MARCH ??? ‘’ JALAN KAKI Sha?? Ngak jauh kan?? Kok ngk bilang sih kalau jalan di siang bolong nan terik dan berpolusi gini? Mending kan akubelajar di perpustakaan yang ber AC dan bisa langsung Wifi, Rara tak berhenti henti ngedumel.
‘’ Ra’ ini tuh belum apa apa dibandingkan saudara kita yang di Palestina. Yang aku tahu ya, saudara kita yang disana tuh sudah banyak sekali yang mengalami penderitaan. Israel ngebom pakai nuklir, terus mereka memutuskan jalan sehingga bantuin jadi sulit masuk dan para korban berjatuhan, tidak hanya itu, sudah banyak sekali masjid dihancurkan , lalu sudah banya masjid yang di ubah jadi sinagog, tempat ibadah orang Yahudi.
‘’ oke sepakat..Israel itu memang kejam, Palestina itu memang harus dibela. Tapi menurutku kita tak harus bantu dengan jalan jalan di tengah terik mataharikaya gini kan, buat bantu mereka?
Kalau aku sih,mending langsung kelangkan konkret. Bantu kuncuran dana atau apalah yang manfaatnya bisa dirasakan oleh mereka.
‘’ eh jangan salah.. waktu Imam masjid Al-Aqsa berkunjung ke ajakarta, beliau pernah bilang, ehm..begini..aku lupa, tapi intinya, dukungan apapun yang kita lakukan di sini ternyata, telah membantu menguatkan para pejuang Palestina dari segala macam teror yang kejam.’’
Tapi..bukan Shasha kalau ngk menganggap semua orang tertarik mendengarkan bahasan politik yang dibicarakannya.
‘’ kalau dari segi politisnya,upaya aksi ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian dari rekrutmen dan sosialisasi politik sesuai teori bola lampunya. ‘’ jadi..secara tidak langsung kita melakukan recruitmen politik, maksudnya, menarik orang lain untuk juga peduli dengan saudara saudara kita di Palestina dan mensosialisasikan berbagai ide untuk membantu Palestina.
‘’ ayo Ra, jangan diam ajah, Shasha yang sedari tadi ikut bergegap gempita bersama peserta aksi yang lainnya menyikut Rara yang masih sibuk dengan tisunya.
‘’ Hahh apaan sie? BOIKOT apa lagi itu?? Aku aja ngktahu koksuruh ikut-ikutan?? Maaf ya.. seorang Rara ngk suka bergerak tanpa tahu tujuannya. ‘’ jawab Rara.
‘’Ra, katanya kamu mau bantunya pake aksi langsung?  Nah..caranya ya lewat boikot boikot produk mereka juga,  jelas Shasha.
Lhoh..apa hubungannya?
‘’ jelas adalah hubungannya, peluru itukan belinya pake duit, ngadain serangan juga pakai duit, jangan jangan setiap kali kita mengonsumsi produk mereka, uang itu digunakan untuk membunuh seorang atau bahkan lebih saudara kita di palestina. Duit itu didapatnya kan dari keuntungan produk mereka yang kita konsumsi. Dan asl tahu aja, produk mereka sudah menyatu dalam kehidupan kita sehari hari. Kalau kita boikot produk mereka secara terus menerus, ekonomimereka jadi rendah, dan itu akan menghambat serangan mereka ke saudara saudara kita di Palestina. Nah..ini bentuk bantuan  riil kita.
‘’Iya benar juga sihh, tapi memangnya produk apa aja sih yang harus kita boikot,??
‘’ pertama tuh coca-cola dan saudara2 kandungannya.
Lalu apa lagi???
‘’ Mc Donald’s, Sara Lee, Nestle, Nokia, banyak bangett ntar daftarnya baca dirumah ja ya, jawab ShaSha kalem, padahal disaat itu juga wajah Rara sudah panik asli.
‘’ Apa??   Itu kan semuanya sudah jadi konsumsi sehari hariku?? Terus gimana nih>>
‘’Ya terserah, kalau kamu tega bantu ngebunuhin saudara2 kita disana silakan aja. Padahal jika seandainya kita ngk mengonsumsi produk2 itu dalam artian kita menggantinyadengan merk lain kanngk bakalan bikin kita mati. Dan kalau tetep pake produkmereka. Itu artinya kita telah membunuhi saudara kita, kalau aku ngk tega akh !
‘’Hmm gitu ya???’’



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar