RSS

RINDU






Bicara rindu, adakah kiranya manusia yang hidup dibumi ini tak pernah rindu????
Apa pula arti rindu?
Rindu itu sama halnya dengan cinta,hanya sebuah kata pun tak jelas kata kerja, kata benda atau hanya sekedar kata imbuhan pemanis rayuan. Sampai seseorang datang memberinya makna. Sampai kata itu menjadi sakral setara dengan mantra atau sihir hebat yang mampu melemahkan nadi dalam sekejap.
Jelas, rindu itu hanya sebentuk kata namun diikuti jutaan makna di belakangnya. Bergantung pada apa , siapa penyebabnya dan siap pula yang merasakannya. Rindu pun juga tak ada takarannya. Setiap manusia yang bernapas di bumi ini punya ambang rindu masing masing. Tidak bisa disamakan apalagi dibandingkan.
Novel tere liye (RINDU)  gillaaa keren kece badai ………..
Setting tempat yang berada di kapal belanda bernama Blitar Holland. Sebuah kapal besar yang membelah lautan mengantar ribuan jemaah haji menuju tanah suci. Novel ini juga menjabarkan perjalanan haji pada tahun Sembilan puluhan dengan kece dan lengkap pun juga detail.
Kisah pertama ……
Tokoh utama kisah ini adalah Bonda Upe. Seseorang yang bersembunyi dari dirinya sendiri, Bonda Upe yang merupakan idola Anna dan Elsa ternyata bersembunyi di balik baju cerah khas China yang selalu dikenakannya. Kepiawaian Bonda Upe dalam mengaji ternyata menyimpan kisah pilu yang bahkan membuat napas tersengal jika mengingatnya. Menjadi mantan seoarang cabo pelacur membuat wanita cantik ini bersembunyi setiap hari. Kesuraman masa lalu memaksanya memulai hidup baru. Namun, ia malah meninggalkan dirinya dibelakang. Masih meletakkan dirinya mengikutsertakan seluruh jiwa dan raganya untuk hidup di masa yang sama. Kegelisahan dan penyesalan berganti manjadi oksigen yang beredar diseluruh tubuh 24 jam sehari. Tak peduli ia menutup hidung, mulut, telinga atau mungkin bersembunyi di balik lemari. Gelisah akan tetap masuk kedalam tubuhnya, bahkan lewat pori-pori kulit sekalipun. Pada akhirnya ia merindukan dirinya sendiri. Raganya sudah lama tak berjiwa tak bernyawa. Ia hanya sibuk melewati satu demi satu ketakutannta dimasa lalu. Dan hanya dirinya sendirilah yang mampu mengobati seluruh kerinduan dengan kembali memaafkan diri sendiri. Seringkali manusia lupa maafkan dirinya sementara terhuyung bersujud setiap malam pada sang pemilik kerajaan langit dan bumi untuk dimaafkan.
Setiap perjalanan selalu disertai pertanyaan-pertanyaan. (hal 222)
Cerita selengkapnya ada di novel tere liye yaaaa……
Bogor, 8 Nopember 2014

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar