RSS

‘’Pemuda Solusi pendidikan Indonesia’’

Kebermanfaatan Suatu Ilmu
@Gerakan UI Mengajar 3
‘’Jangan hanya membengun menara, tapi juga bangunlah Jembatannya’’
Sempat berkunjung ke UI (Universitas Indonesia) Depok, beruntung sekali waktu itu ikut seminar dari Gerakan UI Mengajar 3 tepatnya di hari Sabtu, 23 November 2013.
Seminar dengan tema ‘’Pemuda Solusi pendidikan Indonesia’’ menggugahku untuk memperbaiki pendidikan di Tanah Airku ini. Setidaknya aku bisa sedikit mengambil peranku sebagai Mahasiswa yang bisa memaksimalkan dan memanfaatkan apa yang aku dapatkan di bangku kuliahku akan ku abdikan kepada masyarakat.
Kurangnya partisipasinya mahasiswa , masalah pemerataan sarana dan prasarana adalah salah satu problema yang harus kita hadapi. Pendidikan yang kurang itu pun akan membatasi manusia untuk berdasi.
Kak Fikri 

Pernah mendengar nasehat dari Kak Fikri, dia adalah Alumni dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM, dan sekarang ia menjadi seorang relawan, partisipan, konsultan,dan menangani Komunitas online maupun offline (Indonesia mengajar, Kelas Inspirasi, dan juga Indonesia berkibar). Luar biasa sekali ilmu yang ia bagikan sangat bermanfaat sekali. Banyak sekali komunitas-komunitas sosial yang ia tangani. Masih teringat perkataan Kak Fikri ‘’Dukungan Keluarga dan Pendidikan adalah sarana keluar dari Gerbang Kemiskinan’’ yaps sangat betul sekali perkataan beliau. Tanpa adanya keluarga dan motivasinya, aku pun sering kali kehilangan semangat saat melakukan suatu pekerjaan.
Teman2 dari ''Sahabat Pulau''

Berkata tentang pendidikan, pastinya banyak sekali definisi-definisinya. Pendidikan merupakan aset penting kemajuan bangsa. Pendidikan merupakan faktor utama kesuksesan dan pendidikan merupakan jalan keluar dari kemiskinan.
Lalu...bagaimana dengan potret pendidikan saat ini???
Bagaimana dengan fasilitas-fasilitasnya??
Apakah sudah mendukung untuk kemajuan bangsa??
Bgaimana dengan guru?? Seseorang yang tanpa tanda jasa memberikan ilmunya kepada kita dari SD, SMP, SMA –Universitas (Dosen).
Bagaimana dengan isu pendidikan didaerah terpencil??? Apakah mereka merasakan pendidikan yang layak??? Sebagian besar, guru itu paling susah bila ditempatkan didaerah terpencil dengan alasantempat yang tidak strategis dan susah untuk pergi kemana-mana. Itu merupakan salah satu kendala. Tapi apakah mereka berpikir???? INDONESIA akan jauh lebih KEREN kalau masing-masing orang melakukan sesuatu.
Dan apa sesuatu itu??? Bisa teman2 pikirkan sendiri. =D

Sekarang pun, banyak sekali relawan-relawan turun tangan bergerak bersama untuk mengentaskan kemiskinan dan memajukan bersama pendidikan bangsa ini. Banyak sekali bentuk partisipasi mereka seperti menjadi simpatisan, partisipan, donor, aktivis, volunter. Leader, fasilitator, dan jiga advocacy. Luar biasa sekali bukan, mereka peduli dengan pendidikan Indonesia ini, Cuma belum terealisasi dengan baik. 

Penampilan dari adik -adik didik 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar