RSS

Sejuknya berbagi...

Berbagi dan Menginspirasi
‘’Sebaik-baik manusia adalah bermanfaat untuk orang lain’’
Khoirunnas anfa’uhum Linnaas
Senang rasanya bisa berbagi ilmu dengan mereka. Pengalaman yang tak terlupakan saat menjadi tenaga pengajar di PPBY. Ada cerita menarik disini, mau tauu??? Sok baca lanjut sampe bawah yahh...
Kegiatan mengajar ini berlangsung hari Sabtu, 21 September 2013, bertepatan dengan acara Mentoring Adventure 2013. Tadinya aku ingin ikut acara MA, tapi bagaimana dengan adik2ku yang disini, pasti mereka menungguku untuk memberikan sedikit pengetahuan, karna aku sudah janji kepada mereka untuk hadir mengajar pada hari sabtu itu. Karna janji harus ditepati, aku memutuskan tidak ikut MA. Jadi sekarang saya fokus belajar sama adik2 SD Cimahpar 4. Kalian tau ngak?? Ada rasa terharu disana, aku merasa sangat dihargai dan dihormati oleh mereka. Senang rasanya. Ketika aku terlihat kejauhan mau menuju sekolah, mereka melihatku langsung mereka berlari dan menyapa ‘’Kakak- kakak, ‘’ mereka langsung menyalamiku satu-persatu. Seolah-olah aku adalah guru terhebat bagi mereka.
Waktu berjalan dengan cepat, saat berada diruangan. Belajarpun dimulai, eits tak lupa baca doa dulu ya, Siap grakk, berdoa mulai......‘’ Bismilahirrahmanirrahim’’
Selesai...Beri salam ‘’Assalamualaikum wr.wb ‘’
Kata2 yang selalu kuingat......jadi teringat saat SD dulu.
ketika aku bertanya kepada mereka ‘’adek2 sekarang kita mau belajar apa nih??’’
‘’Ipa kak, matematika kak, B.indonesia kak, Ips Kak, B,ingris Kak’’
Wahhh saat itu semua mata pelajaran disebut satu2. ‘’hmmm enaknya apa duluan ya?? Coba deh kakak pengen liat’’
‘’Siapa yang mau belajar Ipa?? Cung Hand??
‘’Siapa yang mau belajar Matematika?? Cung Hand??
‘’hmm karna banyak yang pengen belajar matematika, jadinya kita belajar matematika’’
‘’Semngat belajar......’’


‘’adik2 kemarin belajar matematikanya sampe apa ya??’’
‘’sampe jam kak’’ salah satu murid menjawab
‘’yaudah sekarang kakak mau review dulu, coba kalian kerjakan soal yang didepan, yang bisa mengerjakan kakak kasih nilai 100’’
Hayooo siapa yang mau???
‘’Saya, saya, saya kak.’’
Semuanya antusias sekali ingin dapat reward nih, wah ank2 yang pintar,
Tanpa kusadari singkat cerita, jam sudah menunjukkan pukul 14.30
‘’Kak belajarnya istirahat dulu kak, capek’’ salahsatu murid meminta untuk istirahat
‘’’hmm boleh,,,tapi istirahatnya 15 menit aja ya, habis itu kalian masuk melanjutkan belajar kembali. Oke siap???
‘’Siappp kak’’
Semua murid berlari keluar, ada yang bermain bola, beli makanan, ada juga yang duduk berdiam diri di kelas. 15 menit berlalu, ‘’adek2 yuk kita masukkk, 


waktu istirahat uadah abis lohh.’’
Beberapa murid menjawab ‘’ sebentar kak, saya mau minum dulu, sebentar kak makanannyabelum abis’’
‘’Ya sudah sudah abiskan dulunya, setelah itu masuk kelas kembali’’ jawabku
Tak lama kemudian mereka masuk kelas, mereka bertanya ‘’kakak pulangnya jam berapa??’’
Lohh baru masuk lagi kok udah tanya mau pulang?? Hadehh..adek2 ini lucu deh..
Pulangnya nanti kalau kalian bisa menjawab pertanyaan kakak, hehe
‘’apa kak pertanyaannya??’’ kepo nih
‘’Siapa yang tiap hari sholatnya ga bolong2???? Ayo cun hand....’’
Beberapa murid menjawab ‘’ saya kak, saya kak, saya kak’’ kelas mulai gaduh.
Beneran nihh ga boong??? Hehe
‘’beneran kak’’, yupz bagus2 pertahankan ya..bagi yang masih bolong2 sholatnya, harus ditutup yang rapat2 biar ga bolong2 lagi, karna apa sholat itu adalah tiang agama, kalau tiangnya tidak kokoh apa yang terjadi?? ‘’ Roboh kak rumahnya’’
Ya benar..sama kaya iman kita, kalau penyangga kita ga kuat, walhasil hidup kita tidak akan memiliki arah dan tujuan. ‘’jangan lupa ya adek2 sholat dan mengajinya, ntar yang paling rajin dapat hadiah lohh dari Allah’’
‘’Saya mau kak, saya mau’’ ....makanya yang rajin ya sholatnya!!!
Selesai,,,,,akhirnya mengajar pun selesai. Lanjut pulang dan melakukan kegiatan lainn.
Berbagi itu indah, tidak hanya dengan meteri saja. Berbagi ilmu pun bisa.

Yuk kita cerdaskan anak bangsa dengan berbagi ilmu yang kita punya.Keutamaan berbagi dan memberi itu bukan kepada mereka yang dicintai tetapi berbagi kepada yang membutuhkan.







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar